Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia

pope paus benediktus XVI
Paus Benediktus XVI

VisiMuslim - Paus emeritus Benediktus XVI meninggal dunia dalam usia 95 tahun di kediamannya di Vatikan, setelah sepuluh tahun terakhir kesehatannya terus menurun.

Benediktus XVI memimpin Gereja Katolik kurang dari delapan tahun sampai 2013. Dia menjadi paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregori XII di tahun 1415. Paus merupakan jabatan seumur hidup.

Dia menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya di Mater Ecclesiae, biara lawss yang berada di wilayah Vatikan.

Penerusnya Paus Fransiskus mengatakan bahwa dia kerap mengunjungi rohaniwan asal Jerman itu di sana.

“Dengan penuh duka cita saya mengabarkan kepada Anda bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia hari ini pada pukul 9:34 di Mater Ecclesiae Monastery di Vatikan,” kata sebuah pernyataan yang dirilis pusat Gereja Katolik sedunia itu.

“Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin,” imbuh pernyataan tersebut seperti dikutip BBC Sabtu (31/12/2022).

Vatikan mengatakan jasad Paus Emeritus Benediktus XVI akan disemayamkan di St Peter’s Basilica mulai 2 Januari 2023 untuk memberikan kesempatan kepada umat Katolik yang ingin mengucapkan perpisahan terakhir.

Rencana pemakamannya akan diumumkan kemudian hari ini, kata Vatikan.

Dilahirkan dengan nama Joseph Ratzinger di Jerman, Benediktus berusia 78 tahun ketika pada 2005 diangkat menjadi pemimpin Katolik, dan merupakan salah satu paus berusia paling lanjut saat dipilih.

Di sebagian besar masa jabatannya dia disibukkan dengan urusan ribuan skandal seksual di kalangan rohaniwan gereja di seluruh dunia, mulai dari kasus baru sampai kasus yang terjadi puluhan tahun silam.

Awal tahun ini, Benediktus XVI mengakui bahwa telah terjadi kesalahan dalam penanganan kasus-kasus seksual di lingkungan gereja saat dia menjabat uskup agung di Munich antara tahun 1977 dan 1982. []

Sumber : Hidayatullah

Posting Komentar untuk "Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Dunia"

close