Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Taat Meski Ramadhan Usai




Singosari, Kab Malang, Visi Muslim- Bulan suci telah terlewati, ketaatan tak pernah berhenti. Tema itulah yang kemarin diulas dalam kajian rutin Majelis Ta’lim Syifa’ul Qulub. Komunitas pengajian yang beranggotakan muslimah di lingkungan RT 13, 14 dan 16 RW 11 Perumahan Bumi Banjararum Asri-Estate ini mengundang Ustadzah Hilda sebagai pengisi acara. Dalam tausiyah yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Juni 2023 tersebut, Ustadzah Hilda menyampaikan bahwa semua ketaatan yang sudah kita istiqomahkan selama bulan Ramadhan harus kita upayakan untuk dilanjutkan selepas bulan suci berlalu. Sebab, salah satu amalan yang diterima oleh Allah adalah ahsanu ba’daha yaitu lebih baik setelahnya. Artinya, amalan-amalan selama bulan Ramadhan, maka harus tetap diistiqomahkan diluar bulan suci. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar bahwa Rasulullah bersabda tentang ketaqwaan kepada Allah yang harus dijaga dimanapun dan bagaimanpun kondisi seseorang. Ustadzah Hilda juga menyampaikan bahwa jangan lupa untuk tajdidu an niat, yaitu memperbaiki niat. Tekadkan kepada diri untuk melakukan sesuatu semata-mata karena Allah. Pun dalam menjaga ketaatan selepas Ramadhan berlalu. Langkah pertama adalah memperbaiki niat, kedua mencoba memuhasabahi diri sendiri tentang kesulitan apa yang dihadapi dalam mewujudkan keistiqomahan. Setelah itu Langkah ketiga adalah melakukan perbaikan dari hasil muhasabah tersebut lalu yang keempat adalah beristighfar kepada Allah seraya memohon dan berdoa dengan sungguh-sungguh agar diistiqomahkan. Juga meminta maaf kepada suami, orang tua beserta anak-anak, pihak-pihak yang paling sering berinteraksi sehari-hari. 

Langkah-langkah tersebut akan semakin sempurna jika seorang muslim mengikatkan diri dalam sebuah jamaah, pungkas Ustadzah Hilda. Dengan mengikatkan diri pada jamaah yang sohih niscaya istiqomah dalam ketaatan akan mudah diraih. Usai penyampaian tausiyah, ada sesi tanya jawab sebelum kegiatan diakhiri. 

Kegiatan pengajian tersebut ditutup dengan doa oleh Ibu Fuad. Alhamdulillah, kegiatan yang dilaksanakan di Balai Bersama RT 13-14 mendapat respon yang positif dari masyarakat setempat. Jamaah yang hadir terlihat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh Ustadzah Hilda. Semoga materi tersebut berkah dan bermanfaat serta menjadi ilmu yang bisa diaplikasikan oleh para jamaah, aamiin. [] 




Posting Komentar untuk "Tetap Taat Meski Ramadhan Usai"