Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refleksi Peringatan Sumpah Pemuda: Pemuda Harus Menjadi Agen Perubahan sejati

Ilustrasi

Oleh : Sahawia Firdaus (Mahasiswa Pendidikan Kimia)

Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2023  diperingati hari sumpah pemuda.  Kenapa di peringati? Sebab, kemerdekaan indonesia tidak lepas dari peran pemuda. Pemuda yang menjadi mercusuar dari lepasnya penjajahan fisik di Indonesia. 

Tampaknya sampai saat ini pemuda masih  memiliki peran yang tak terganti dalam membangun peradaban. Coba kita tengok pada era reformasi pemuda sangat menduduki peran penting dalam  transisi  era dari era orde baru ke reformasi. Di jaman saat inipun pemuda masih menjadi target utama dalam perubahan.

Coba kita lihat ternyata usia produktif berdasarkan data BPS sejak tahun 2012 sampai 2035 indonesia masuk dalam masa bonus demografi  sebanyak 190,98 juta jiwa (69,25%) yang  masuk kategori usia produktif (usia 15-64 tahun) dan  diantaranya adalah pemuda. Sehigga negara patut waspada dan bergembira.

Bahaya dan Potensi

Bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia akan menjadi tanda peringatan bahaya dan potensi. Sebab,  jika dilihat besarnya jumlah penduduk ternyata membawa pengaruh tersendiri bagi sebuah bangsa. Jumlah yang banyak apakah akan berpengaruh secara signifikan dalam memberikan perubahan atau malah sebaliknya. 

Apalagi jika dilihat sistem yang diterapkan ikut andil dalam membentuk karakter para pemuda. Sehingga rotasi pemuda menjadi sesuatu yang harus diperhatikan. Tapi sayang, pemuda yang  kita temui hari ini mulai hedonis , apatis serta individualis yang kita malah menjamur dalam sistem yang diterapkan saat ini yakni sistem Kapitalis. 

Pemuda Menara Gading

Sejak diterapkannya sistem Kapitalisme dalam negeri ini telah kompleklah masalah yang menimpah pemuda. Pemuda bagai menara gading yang menghindari diri dari masalah keumatan. Sifat egoisme yang ditanamkan oleh sistem kapitalisme begitu terjangkiti pemuda sehingga  akhirnya mereka acuh  dengan masalah umat. 

Apalagi pemuda semakin disibukkan dengan mahalnya biaya pendidikan, tingginya harga bahan pokok dan akhirnya mereka hanya sibuk  mencari kerja untuk menghidupi diri dan keluarga. Apalagi kapitalisme melengkapi dirinya dengan sifat konsumerisme melalui invasi budaya. Akhirnya industri fahion menjamur melambangkan semangat kapitalis. Gaya orang-orang barat kemudian di copy paste oleh pemuda dinegeri ini akhirnya menjadi siklus keinginan yang tiada putus.  Inilah bukti tanda berhasilnya sistem  kapitalisme  menjadikan pemuda hanya berkutat pada siklus itu semata. Dan akhirnya terciptalah jurang yang sangat lebar antar pemuda dan umat. Semakin tinggilah menara   antara pemuda dan umat. 

Islam dan Potensi Pemuda

Sejarah menjadi saksi bahwa pemuda dengan  Islam adalah kombinasi yang sangat kompleks dalam membangun peradaban. Sebab, potensi yang besar yang dimiliki oleh pemuda sangat diarahkan dalam perbaikan keumatan. 

Belajar dari bagaimana peradaban awal Islam berdiri ternyata didominasi oleh para pemuda. Kombinasi yang kompleks itulah akhirnya lahirlah  sosok seperti Usama bin Zaid di usia 15 tahun ditunjuk oleh Nabi untuk menjadi panglima perang untuk memimpin ekspedisi kemiliteran dalam menghadapi  Bizantium Romawi dalam memulai penaklukkan terhadap Suriah. 

Muhammad al-Fatih di usia 21 tahun sebagai panglima perang dalam penaklukkan konstantinopel. Dan masih  banyak sosok pemuda yang memenuhi tinta emas peradaban Islam. 

Sehingga,  kita bisa melihat bahwa ternyata sepenting itu islam menjadi pedoman dalam membimbing para pemuda agar menjadi tonggak peradaban  untuk melanjutkan kembali peradaban emas yang hilang yakni Islam. []

Posting Komentar untuk " Refleksi Peringatan Sumpah Pemuda: Pemuda Harus Menjadi Agen Perubahan sejati"

close