Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ansyad Mbai Dicopot, Saud Usman Jadi Kepala BNPT

Kapolri melakukan rotasi di tubuh kepolisian guna penyegaran tugas. Sebanyak sembilan jenderal menempati posisi yang baru, termasuk pergantian tiga Kapolda. Sementara dua jenderal persiapan massa pensiun.

Mutasi jabatan tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1956/X/2014 tertanggal 3 Oktober 2014, dikutip dari Detik.com.

Saud Usman
Mereka yang pensiun adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri Komjen Suparni Parto. Posisi jenderal bintang tiga ini selanjutnya diisi oleh Irjen Djoko Mukti Haryono yang sebelumnya menempati Wakil Kepala Baintelkam.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Saud Usman Nasution digantikan oleh Irjen Iza Fadri yang saat ini menjabat Ketua STIK-PTIK. Saud menempati pos baru sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggeser Ansyad Mbai.

Pada 2009 Saud saat berpangkat Kombes menjadi Kepala Densus 88 Antiteror.

Selanjutnya, Kapolda Bengkulu akan diisi oleh Brigjen Ghufron yang sebelumnya berada di kursi Kepala Biro Operasional Baharkam. Sementara Brigjen Tatang Somantri yang menjabat Kapolda Bengkulu dalam massa persiapan pensiun.

Sementara posisi Irjen Iza Fadri digantikan oleh Brigjen Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat Wakil Kapolda Jabar. Posisi ini merupakan promosi bagi eks Ajudan Presiden SBY untuk menempati posisi bintang dua. Rycko sendiri dianggap mumpuni berada di Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol) dengan gelar doktor yang disandangnya. Namun pelantikan tidak dibarengi dengan jajaran pejabat utama Polri yang dilaksanakan hari ini.

Posisi Brigjen Ari Dono di Kapolda Sulawesi Tengah akan digantikan oleh Brigjen Idhan Aziz yang saat ini menjabat Direktur Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Bareskrim Polri.

Pergantian jabatan juga ada di tubuh Asisten Sarana dan Prasarana (Assarpras) yang ditempati Irjen Tubagus Anis Angkawijaya. Kursi setingkat dirjen ini selanjutnya diisi oleh Irjen Erry Subagyo yang sebelumnya menjabat staf ahli manajemen Kapolri.

Pelantikan dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (9/10/2014). [arrahmah/visimuslim.com]


Posting Komentar untuk "Ansyad Mbai Dicopot, Saud Usman Jadi Kepala BNPT"

close