Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui dan Menghindari Sifat Ananiah

Sering kali, muncul sifat ingin menang sendiri dalam diri kita. Mengabaikan segala hal yang terjadi dalam diri orang lain untuk kepentingan sendiri. Kukuh untuk mencari kesenangan sendiri. Astagfirullah… Jangan-jangan sifat ananiah telah berada dalam diri kita.

Apa sifat ananiah itu?

Ilustrasi - Angkuh-Sombong-Egois
Ananiah atau Egois adalah perilaku yang selalu tidak mau tahu dengan kepentingan orang di sekitarnya. Egois juga dapat diartikan suatu sikap yang selalu mementingkan diri sendiri. Perilaku ini juga cenderung hampir sama dengan perilaku angkuh atau sombong.

Sifat Ananiah akan mendatangkan kebinasaan bagi pemilik sifat tersebut. Ananiah termasuk sifat tercela yang harus dijauhi oleh setiap orang mukmin. Sebab, dapat menjerumuskan manusia kepada sikap individualistik (kesendirian) dan membuka jalan kepada sikap permusuhan dan kebencian di antara sesama manusia.

Sifat Ananiah selanjutnya dapat menimbulkan sikap sombong. Kedua sifat ini, sama-sama tidak memperdulikan keadaan orang lain dan cenderung mementingkan urusannya sendiri. Orang yang memiliki sifat ananiah, selalu menilai sesuatu berdasarkan dirinya sendiri dan tidak memperdulikan orang lain.

Sikap Egoisme sangat bertentangan dengan kodrat manusia. Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang selalu hidup berdampingan dengan sesamanya dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, melainkan selalu mau untuk bekerja sama dengan orang lain. Allah SWT memerintahkan agar kita hidup untuk saling tolong-menolong dan memiliki kepedulian terhadap orang lain.

Sebagaimana Firman Allah SWT yang artinya:

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.”(QS. Al-Maaidah : 2)

Sikap seperti ini sangat dilarang di dalam agama Islam. Karena, akan menimbulkan bibit-bibit perpecahan di kalangan umat manusia.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat kepada manusia lainnya.”(HR. Bukhori)

Serta dalam Hadits lain yang artinya:

“Barangsiapa tidak mementingkan urusan umat islam, maka tidaklah ia termasuk dari golongan mereka itu. Dan barangsiapa yang dalam sehari-hari tidak berlaku jujur kepada Allah, kepada rasul-Nya, kepada kitab-Nya, kemudian kepada imam (pemimpin) mereka dan kaum muslim, tidaklah ia dari mereka.”(HR. Muslim)

Orang yang memiliki sifat ananiah akan merugi, karena ananiah adalah sifat yang tidak disukai. Berikut adalah akibat dari perilaku ananiah.
1. Sulit mendapatkan bantuan jika mendapatkan kesulitan
2. Termasuk bagian dari akhlak tercela (Akhlakul Madzmumah)
3. Dijauhi orang lain
4. Mudah menimbulkan sifat sombong dan angkuh
5. Dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya.

Lalu bagaimana cara untuk menghindari sifat ananiah?
1. Senantiasa sadar bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain. Hal ini tercermin dalam Pancasila sila ke-2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
2. Menghargai pendapat atau saran dari orang lain
3. Senantiasa menyadari bahwa setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Demikian, semoga Allah selalu membimbing kita ke jalan yang benar [ds/islampos/al-islam/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Mengetahui dan Menghindari Sifat Ananiah"

close