Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turki Bantah Izinkan Amerika Serikat Gunakan Markas Militernya

Turki membantah telah mengizinkan Amerika Serikat menggunakan markas militer untuk melawan kelompok militan Islamic State atau ISIS di Suriah dan Irak. Senin kemarin, AS menyebut Irak membolehkan koalisi menggunakan pangkalan udara, termasuk yang ada di Incirlik.

"Terlepas dari kerja sama saat ini dalam melawan terorisme, tidak ada perjanjian terbaru terkait pangkalan udara Incirlik," tutur Deputi Perdana Menteri Turki Bulent Arinc, seperti dilansir AP, Senin (13/10/2014).

Bulent Arinc
Bantahan Turki mengindikasikan sejumlah masalah yang belum selesai antara kedua kubu. Turki menegaskan tidak akan bergabung dalam perang kecuali AS dan sekutunya juga menyerang pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

AS terus mendorong Turki untuk bergabung melawan ISIS, yang telah menguasai banyak wilayah Irak dan Suriah. Pergerakan ISIS telah memaksa ribuan pengungsi melarikan diri ke Turki.

Arinc mengonfirmasi pihaknya memang sempat menawarkan sejumlah markas militer untuk koalisi AS. Namun hingga saat ini, Turki mengklaim belum ada kesepakatan apapun. [metrotv/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Turki Bantah Izinkan Amerika Serikat Gunakan Markas Militernya"

close