Aramco Saudi Masuk Bursa Saham


Di tengah rendahnya harga minyak dan membengkaknya defisit anggaran, Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk melakukan pendaftaran perusahan BUMN raksasa minyak Aramco di pasar bursa Arab.

Aramco adalah perusahaan terbesar dunia dalam bisnis minyak dan merupakan tulang punggung perekonomian Saudi.

Namun bisnis minyak tidak memberikan cukup uang pada hari ini. Bahkan dengan harga minyak yang rendah, angka penjualan yang dikaitkan dengan listing Aramco menyoroti mengapa hal ini bisa menjadi penawaran awal kepada publik yang signifikan.

Perusahaan Saudi Aramco memiliki cadangan minyak mentah sekitar 260 miliar barel minyak, yang merupakan lebih dari 15 persen cadangan minyak dunia yang terbukti. Jika dilakukan go public, perusahaan itu bisa menjadi perusahaan pertama yang dilisting dengan nilai $ trilun atau lebih, para analis memperkirakan.

Defisit anggaran Saudi senilai $ 98 miliar dilihat oleh banyak analis sebagai alasan utama untuk dilakukannya pendaftaran perusahaan di bursa saham, tapi para pejabat Saudi bersikeras bahwa hal itu adalah bagian dari upaya untuk melakukan diversifikasi ekonomi di luar minyak dan membuat sektor swasta agar bisa memainkan peran lebih besar. [VM]

Sumber : aljazeera.com, 18/1/2016

Belum ada Komentar untuk "Aramco Saudi Masuk Bursa Saham"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel