Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syeikh Taqiyuddin An-Nabhani di Situs Memori Al-Azhar


Situs resmi Al-Azhar menambahkan nama Syeikh Taqiyuddin An-Nabhani ke dalam memori Al-Azhar sebagai salah satu pemimpin umat.


Situs memori Al-Azhar secara resmi memuat Biografi Muassis Hizbut Tahrir Al-'allamah Syeikh Taqiyuddin an-Nabhaniy rahimahullah bersanding dengan beberapa Ulama besar lainnya. Termasuk yang menarik disitus tersebut, terdapat  biografi seorang ulama besar pada masa akhir kekhilafahan Turki 'Utsmaniy yang tak lain adalah kakek beliau sendiri yakni Syaikh Yusuf an-Nabhaniy. Bisa dilihat foto beliau dibagian atas foto Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani.

ALAZHARMEMORY, Syeikh Taqiyuddin an-Nabhani lahir pada tahun 1332 H / 1914 M, di desa Ijzim Palestina. Beliau dinisbatkan kepada kabilah Bani Nabhan, termasuk orang Arab gurun yang menetap di desa itu. Beliau dibesarkan di sebuah keluarga yang berakar kuat di kedalaman sejarah. Beliau hafal Al-Qur’an Al-Karin pada usia belia. Kemudian beliau pergi ke Kairo, hingga beliau menyelesaikan studinya di Al-Azhar Al-Sharif.

Setelah itu, beliau kembali ke Palestina dan mengajar di Departemen Pendidikan, kemudian bekerja di peradilan, dimana beliau tetap bekerja di peradilan sampai beliau mengundurkan diri pada tahun 1369 H / 1950 M, ketika beliau mencalonkan diri untuk menjadi anggota parlemen.

Pada tahun 1370 H / 1951 M beliau memberi kuliah untuk para siswa setingkat SMA pada Kulliyah Ilmiyah Islamiyah, di Amman, Kerajaan Yordania, dan aktivitas beliau ini terus berlangsung hingga awal tahun 1372 H / 1953 M, di mana beliau mencurahkan tenaga dan waktunya untuk mendirikan Hizbut Tahrir, yang beraktivitas menyebarkan pemikirannya di banyak negara, hanya saja dakwah beliau ini mendapat banyak tekanan dan ancaman dari para penguasa setempat, sehingga beliau terpaksa merahasiakan dirinya hingga beliau wafat di Beirut, Lebanon, di awal  Muharram 1398 H / 11 Desember 1978 M, beliau meninggalkan sejumlah karya-karya (literatur) keagamaan, sosial dan politik, di samping sejumlah publikasi pemikiran, politik dan ekonomi. [VM]

1 komentar untuk "Syeikh Taqiyuddin An-Nabhani di Situs Memori Al-Azhar"

HISAN 12/29/2021 9:11 AM Hapus Komentar
ماشاء الله Semoga Allah memberikan kemuliaan kepadanya dan kepada para pengemban dakwah Islam.

Untuk situs al-Azharnya sudah tidak bisa diakses ya?
close