Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Historis Khilafah Bukan Ijtihad, Bukan Utopis, Bukan Sekedar Spiritual


Ada beberapa tokoh yang akhir-akhir ini berpendapat dimedia masa dan mengungkapkan bahwa Khilafah adalah produk Ijtihad, Utopis dan Islam hanya sekedar spiritual alias harus dipisahkan dari kehidupan bernegara. Tulisan dari seorang tokoh intelektual di Semarang ini cukup rasanya untuk membantah semau klaim tersebut. beriktu tulisan dari ustadz Husain Matla salah satu penulis produktif sekaligus dosen di salah satu perguruan tinggi di kota Semarang:
  1. Sampai akhir pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan, negara sudah sangat luas. Mengapa berikutnya Khalifah Ali bin Abi Thalib tidak berbagi kekuasaan saja dg Muawiyah. Bayangkan, dari Libya smpi Iran. Sekarang trdiri dari 20-an negara.
  2. Berikutnya ketika terjadi perang saudara: Abdul Malik bin Marwan vs Abdullah bin Zubair, Marwan bin Muhammad vs Abul Abbas, Al Amin vs Al Makmun, Khumarawaih vs Al Mu'tadhid Billah. Mengapa ujungnya harus integrasi. Bukan bagi dua. Bukankah masing2 amir sudah memegang wilayah lebih besar dr NKRI skrg? Mengapa para ulama mendukung keharusan integrasi? Mengapa tidak seperti pembagian Romawi atau pembagian Jenggala-Panjalu?
  3. Mengapa Amir Abdurrahman ad-Dakhil tidak mau menyatakan diri sbg khalifah, padahal sudah memegang penuh wilayah Spanyol Portugis. Mengapa ia membiarkan khalifah Abu Jafar al Manshur sbg khalifah satu2nya padahal kapal2 khilafah Abbasiyah tak sanggup menguasai Spanyol? Ada kesan Umayah di Andalusia (Spanyol-Portigis) cenderung bersikap aman sperti Taiwan skrg. Jika skrg ada prinsip "satu China", dulu ada "satu khilafah".
  4. Abad XII M, Shalahuddin al Ayyubi mendedikasikan kemenangannya atas Mesir dan Al Quds utk khilafah Abbasiyah (di bawah Khalifah An-Nashr Lid Dinillah). Hal yg sama dilakukan Yusuf bin Tasyfin ketika menakhluklan seluruh Andalusia. Apa sih susahnya mereka berdua menjadikan wilayahnya independen. Kekuatan militer mereka tampaknya di atas Abbasiyah.
  5. Bani Buwaih, bani Seljuk, bani Khwarism, bani Ayyub, dan kaum Mamluk dan bani Utsmani senantiasa membaiat khalifah Abbasiyah. Padahal militer khilafah sepenuhnya dlm kendali mereka.
  6. Tahun 1517, Khalifah Al Mutawakkil menyerahkan estafet khilafah kepada Sultan Salim I ( bani Utsmani, cucu Muhammad al Fatih). Ini mengakhiri dualisme kepemimpinan di dunia Islam di mana Abbasiyah di Kairo berposisi semacam Bung Karno thn 1966, sementara Utsmani di Konstantinopel seperi Pak Harto. Mengapa tidak membagi dua saja atas kepemimpinan dunia Islam. Bukankah masing2 punya keistimewaan dan.kharisma?
  7. Kecuali benteng canggih Konstantinopel, batas wilayah khilafah Umayah dulu adalah alam. Yaitu: Pegunungan Taurus, Samudera Atlantik, Pegunungan Pirennia, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Gurun Gobi, Pegunungan Indus, Pegunungan Hindu Kush, Samudera Hindia, dan Gurun Sahara. Ini berarti, selain Kekaisaran Romawi, yang sanggup menghentikan umat Islam hanya alam. Selain itu, pasukan Islam terus melaju. Tak ada yang sanggup menghadapi. Mereka juga tak berpikir berhenti. Mengapa demikian?
  8. Setelah kehancuran khilafah Utsmani tahun 1924, pada tahun 1925 diadakan konferensi Khilafah di Mesir oleh para ulama besar Islam sebagai ikhtiar mendirikannya kembali. Mengapa harus didirikan kembali?


Dari fakta2 di atas, kira2 POLA PIKIR yg semacam apa yg "mencengkeram" benak mereka semua (tokoh-tokoh terkait di atas) shg harus menjaga integrasi wilayah.?

Apa yg membuat para fuqaha, amir, dan panglima miter dan orang2 hebat lainnya, seperti " tercuci otaknya" shg tidak berani melangkah pd hal2 baru semisal negara berbasis wilayah atau bangsa sbgmn skrg? [VM]

Penulis : Husain Matla

Posting Komentar untuk "Bukti Historis Khilafah Bukan Ijtihad, Bukan Utopis, Bukan Sekedar Spiritual"

close