Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petani Aceh Sumbang 1.000 Ton Beras Kualitas Terbaik Untuk Pengungsi Suriah


VisiMuslim, Aceh - Petani di Aceh menyiapkan 1.000 ton beras dengan kualitas terbaik untuk pengungsi Suriah. Beras itu akan dikirimkan melalui Kapal Kemanusiaan Suriah (KKS) yang digagas oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Seribu ton beras itu dipanen dari lahan pertanian seluas 340 hektare dengan melibatkan sekitar 5.000 petani lokal. Mereka tersebar di sembilan kabupaten di Aceh, antara lain Bireun, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Timur, Meulaboh, Nagan Raya, dan Abdya.

Proses persiapan beras bertepatan dengan puncak panen raya di Aceh dan membantu para petani. Beras kualitas terbaik dibeli di atas harga perkiraan sendiri (HPS) yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Momen KKS ini sangat membantu petani untuk kestabilan harga. Biasanya saat panen, harga gabah turun. Program KKS turut menjaga harga jual gabah di kisaran yang cukup tinggi, sehingga menguntungkan petani,” kata Kepala Cabang ACT Aceh, Husaini Ismail, saat pengepakan beras KKS di Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar, pada Senin (12/3/2018), lansir Viva.co.id.

Keikutsertaan para petani Aceh dalam program KKS adalah yang pertama kali. Menurut Husaini, petani Aceh begitu antusias untuk membantu mengirimkan 1.000 ton beras ke Turki, tempat Kapal Kemanusiaan Suriah berlabuh.

Hal ini mengingat adanya hubungan diplomatik dan sosial yang erat antara masyarakat Aceh dan Turki, bahkan sejak ratusan tahun silam.

“Ikatan sejarah antara Aceh dan Turki cukup kuat, baik dalam hal diplomasi maupun perdagangan dan sosial. Pengiriman beras KKS ini seperti mengulang sejarah. Kakek buyut orang Aceh dulu mengirim lada ke Turki pada zaman (kekhalifahan) Turki Ustmani. Generasi sekarang mengirim beras kepada para pengungsi Suriah, baik yang berada di perbatasan Turki-Suriah maupun di Suriah via Turki,” ujar Husaini.

Bantuan itu menjadi ikhtiar bersama bangsa Indonesia dalam merespons tragedi kemanusiaan yang menimpa warga Suriah yang ada di Ghouta Timur.

N Imam Akbari selaku Senior Vice President ACT menceritakan, tragedi kemanusiaan tengah berlangsung di Ghouta Timur. Manusia-manusia paling rentan, khususnya anak-anak, setiap saat harus meregang nyawa.

“Ini saatnya kita beraksi atas nama kemanusiaan. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membantu dalam konteks kemanusiaan,” tandas Imam.

Kapal Kemanusiaan Suriah melepas sauh di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, pada 21 April 2018. Kapal itu akan berlabuh di Pelabuhan Mersin, Turki.

“Seribu ton beras akan diangkut oleh 40 kontainer yang ada di gudang beras kami di Aceh. Insya Allah, 40 kontainer ini akan kami lepas secara resmi pada 18 April mendatang,” pungkasnya. [vm]

Sumber : Arrahmah

Posting Komentar untuk "Petani Aceh Sumbang 1.000 Ton Beras Kualitas Terbaik Untuk Pengungsi Suriah"

close