Urgensitas Ulama Dalam Islam


Keberadaan ulama yang mengajarkan Islam merupakan kebaikan bagi umat manusia.  Ulama dan Islam itu tidak dapat dipisahkan seperti hubungan antara anak dengan orang tua karena keduanya ada dalam ajaran Islam yang sempurna.  Hal ini ditegaskan dalam Alquran  " Kami tidak mengutus kamu  ( Muhammad)  kecuali untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam". (QS. Al-anbiya ayat 107). Dan ajaran Islam bisa tersebar luas karena peran ulama yang mengajarkan Islam kepada umat manusia. 

Ulama adalah orang yang mulia di pundaknya terletak ilmu dan tsaqofah Islam yang dibutuhkan oleh umat manusia agar bisa selamat dalam menjalani kehidupan.  Ulama berada di garda terdepan untuk memahamkan umat manusia tentang ilmu agama dan ulama berperan besar dalam memusnahkan segala rintangan yang akan menghancurkan agama Islam ini.  Disinilah ujian bagi para ulama untuk tetap istiqomah mengemban predikat pewaris para nabi.  Ulama memiliki tugas berat untuk menjadi cahaya umat manusia ke jalan Islam agar bisa selamat dunia akhirat. Rasulullah SAW bersabda "sungguh perumpamaan para ulama di bumi seperti bintang bintang di langit yang dengan cahayanya menerangi kegelapan di darat dan di laut "  (HR  Ahmad). 

Semua keutamaan itu diperuntukkan bagi para ulama yang berjalan diatas kebenaran,  mencintai kebaikan dan melaksanakan amar ma'ruf nahiy mungkar sesuai ajaran Islam yang ada dalam Alquran.  Ulama merupakan pembela dan penjaga ajaran Islam secara keseluruhan dalam lisan dan perbuatannya.  Ulama harus tetap menunjukkan bahwa mereka adalah pewaris nabi dari segi keilmuan,  ketakwaan,  keikhlasan,  keberanian dan ketawakalan dalam mendakwahkan ajaran Islam rahmatan lil alamin kepada umat manusia. 

Oleh karena itu,  urgensitas ulama dalam Islam sangat penting,  dapat disebutkan bahwa tanpa keberadaan ulama maka manusia akan bodoh dan berbuat kerusakan di muka bumi.  Keberadaan ulama merupakan nikmat Allah SWT yang diberikan kepada penduduk bumi.  Keberadaan ulama itu akan memusnahkan segala pemikiran sesat dan segala bentuk keraguan dari dalam hati dan jiwa manusia.  Merekalah pondasi keimanan,  ketakwaan dan kekuatan umat untuk meraih kemuliaan dengan Islam Kaffah. 

Ulama akan sentiasa dijaga oleh umat Islam.  Betapa penting dan berharganya keberadaan ulama di tengah tengah umat Islam.  Apabila ulama ini hilang maka hilanglah mutiara dan cahaya kebaikan Islam di tengah umat.  Karena ulama adalah sosok yang berjasa terhadap pemahaman Islam dan kemajuan umat. [vm]

Penulis :  Puji Yuli (Women Movement Institute)

Belum ada Komentar untuk "Urgensitas Ulama Dalam Islam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel