India-Pakistan Masih Saling Serang, 5 Warga Kashmir Jadi Korban


VisiMuslim - Tentara India dan Pakistan saling menargetkan pos dan desa masing-masing di sepanjang perbatasan mereka yang bergejolak di wilayah Kashmir yang disengketakan. Sedikitnya lima warga sipil dan dua tentara tewas, sementara beberapa lainnya terluka.

Kedua belah pihak tetap menembakkan mortir dan artileri satu sama lain meski Pakistan telah membebaskan seorang pilot India yang ditahan. Pertempuran berlanjut hingga subuh pada hari Sabtu, yang menewaskan dua saudara kandung dan ibu mereka.

Menurut keterangan warga, ketiganya tewas setelah sebuah peluru tentara Pakistan menghantam rumah mereka di wilayah Poonch dekat Line of Control (LoC) yang membagi wilayah Himalaya Kashmir menjadi dua bagian. Ayah anak-anak itu terluka parah dan telah dirawat di rumah sakit.

Seorang jurnalis lokal mengatakan bahwa warga di Uri, 50km dari Poonch, dipindahkan ke daerah yang lebih aman karena penembakan besar dari Pakistan di sepanjang LoC.

Di Kashmir yang dikelola Pakistan, seorang lelaki dan seorang bocah laki-laki terbunuh oleh peluru India di Nakiyal. Dua tentara Pakistan juga tewas di daertah itu.

Secara terpisah, seorang pejabat polisi di Rawalakot, berbicara kepada Al Jazeera dengan syarat anonim, mengatakan bahwa seorang pria telah terluka dan tiga rumah hancur dalam penembakan India semalam.

Di wilayah Kashmir yang dikelola Pakistan, pejabat pemerintah Umar Azam mengatakan pasukan India dengan senjata berat “tanpa pandang bulu menargetkan penduduk desa perbatasan” di sepanjang LoC.

Namun, para pejabat kedua negara mengklaim telah tepat sasaran dalam menargetkan satu sama lain.

Kelompok perlawanan Kasmir telah melawan pemerintahan India sejak 1989 dan menuntut agar Kashmir dipersatukan baik di bawah kekuasaan Pakistan atau sebagai negara merdeka.

Sentimen anti-India berjalan jauh di kawasan itu. Mayoritas warga mendukung perjuangan kelompok perlawanan, selain berpartisipasi dalam protes jalanan terhadap kontrol India. [vm]

Sumber: Al-Jazeera/Kiblat

Belum ada Komentar untuk "India-Pakistan Masih Saling Serang, 5 Warga Kashmir Jadi Korban"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...