Trump: Mereka Kaya, Saya Tidak Akan “Melepaskan” Arab Saudi

Trump
VisiMuslim - Presiden AS Donald Trump telah menegaskan kembali dukungannya untuk Arab Saudi pada rapat umum “Make America Great Again” (MAGA). Dalam forum ini, Trump juga mengungkapkan strategi negosiasi yang digunakan untuk mendapatkan lebih banyak uang dari Kerajaan, dengan imbalan dukungan militer Amerika Serikat.

Di hadapan para pendukungnya di Green Bay, Wisconsin, Trump mengisyaratkan akan tetap menjadi pendukung setia Saudi, karena Kerajaan telah melakukan pembelian besar-besaran dari perusahaan-perusahaan AS.

“Mereka tidak punya apa-apa selain uang tunai, kan?” katanya kepada orang banyak. “Mereka membeli banyak dari kita, $ 450 miliar yang mereka beli.”

“Ada orang-orang yang ingin memutus Arab Saudi … (Kalau) saya tidak ingin kehilangan mereka,” katanya, seperti dikutip Al-Jazeera, Ahad (28/04/2019).

Tidak jelas dari mana Trump mendapatkan angka $ 450 miliar. PolitiFact, sebuah situs web pengecekan fakta, sebelumnya telah menilai klaim tersebut sebagai “Celana Terbakar”, sebuah istilah kedustaan.

Trump kemudian mengatakan telah menelepon Raja Saudi Salman baru-baru ini, di mana ia menuntut lebih banyak uang dari negara kaya minyak itu sebagai imbalan atas pertahanan yang disediakan AS.

“Kami kehilangan $ 4,5 miliar pada sebuah negara untuk membela mereka, dan mereka kaya,” kata Trump.

“Jadi aku memanggil mereka. Aku berkata: dengarkan, tidak baik. Mereka dalam keadaan terkejut karena mereka tidak pernah mendapat panggilan seperti ini dalam 25 tahun, kan,” katanya ketika kerumunan bersorak.

BACA JUGA  Hindari Penangkapan Petugas Anti-Korupsi, Eks Presiden Peru Bunuh Diri
“Saya katakan kita kehilangan $ 4,5 miliar setiap tahun, kita tidak bisa melakukan ini lagi. Ini gila. Dia [Raja Salman] menjadi sangat marah, marah, mengatakan ini tidak adil. Saya katakan, tentu saja ‘Ini adil.’ Dia bilang kita akan memberi Anda $ 500 juta lebih … Saya bilang saya ingin lebih. Kami berdebat. Jadi mereka membayar kami lebih dari $ 500 juta untuk satu panggilan telepon, saya butuh satu panggilan.”

Dia mengatakan raja kemudian bertanya kepadanya mengapa dia menelepon, karena “tidak ada yang membuat panggilan seperti itu”. “Itu karena mereka bodoh!” kata Trump. [vm]

Sumber: Al-Jazeera

Belum ada Komentar untuk "Trump: Mereka Kaya, Saya Tidak Akan “Melepaskan” Arab Saudi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...