Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandingkan Soekarno dan Nabi Muhammad, PBNU : Sukmawati Keliru

Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) A Helmy Faishal Zaini (Sumber foto : Detikcom)
VisiMuslim - Ini peringatam Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) A Helmy Faishal Zaini kepada Sukmawati Soekarno Putri. Helmi minta putri Bung Karno itu untuk berhati-hati mengeluarkan pernyataan. Ini penting agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Ini perlu dilakukan menyikapi pernyataan-pernyataan Sukmawati pada diskusi bertajuk "Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme"," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (17/11/2019). 

Ia menyatakan bahwa pernyataan Sukmawati dalam forum tersebut sangat tidak tepat dan keliru. Bahkan, pernyataan itu tidak kontekstual dan tidak ada manfaatnya sama sekali.

Hal itu juga hanya akan menimbulkan kesalahpahaman dan ketersinggungan di kalangan umat. Terlebih Bung Karno adalah sosok yang sangat mengagumi kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Menurut dia kepemimpinan Nabi Muhammad justru menjadi inspirasi besar lahirnya kemerdekaan Indonesia karena mengajarkan Islam sebagai agama pembebasan dari belenggu kelaparan dan kemiskinan.

Selain itu, Nabi Muhammad adalah sosok sebaik-baiknya panutan dan manusia pilihan sehingga tidak tepat untuk disepadankan atau dibanding-bandingkan dengan manusia lainnya. "Atas hal ini kita perlu tabayyununtuk mendapatkan secara utuh apa yg dimaksud Ibu Sukmawati," ujar dia.

Sebaiknya, Sukmawati sebagai tokoh nasional harus benar-benar berhati-hati ke depannya termasuk dalam mengeluarkan atau memberikan pernyataan dan pendapat. [ts]

Posting Komentar untuk "Bandingkan Soekarno dan Nabi Muhammad, PBNU : Sukmawati Keliru"

close