Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WNA Asal Tiongkok Diduga Terinfeksi Corona, Diisolasi di RSUD Kota Sorong


Sorong- Visi Muslim- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele Be Solu Kota Sorong, Papua Barat, pada Minggu (26/1), mengisolasi seorang pria berinisial YP (39) Warga Negara Asing (WNA) asal Hunan, China yang diduga terinfeksi Virus Corona.

Direktur RSUD Sele Be Solu Mavkren Kambuaya mengatakan, Pria tersebut mengalami demam tinggi dan batuk saat berwisata ke Raja Ampat.

“Semalam kami menerima pasien rujukan dari Rumah Sakit Pertamina yang diduga terinfeksi virus Corona. Pasien tersebut berusia 39 tahun, berinisial YP. Tujuan perjalanannya sebenarnya diving ke Raja Ampat. Setelah diving dua hari, kemudian turis tersebut mendatangi Rumah Sakit Pertamina dengan keluhan demam dan batuk,” kata Mavkren, Minggu (26/1/2020).

Pasien rujukan tersebut dirujuk dengan alasan dirumah sakit Pertamina tidak tersedia ruang isolasi. Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, pasien dengan gejala tersebut harus segera dibawa ke ruang isolasi.

“Karena Rumah Sakit Pertamina tidak memiliki ruang untuk isolasi, maka mereka merujuk ke kami di Rumah Sakit Sele Be Solu,” katanya.

Terkait tindakan lebih lanjut pihak RSUD Sele Be Solu masih menunggu koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sorong dan Pemprov Papua Barat

“Kami pun belum tahu, apakah ada tindakan lanjutan atau tidak. Karena nanti tim dokter yang akan melakukan pemeriksaan dan mereka yang menentukan apakah butuh pemeriksaan selanjutnya untuk memastikan apakah korona atau bukan,” ujarnya.

Namun, Ia mengatakan kepada Masyarakat untuk tidak khawatir akan kejadian ini, karena ini sifatnya masih dugaan.

“Tapi pada prinsipnya tidak perlu khawatir karena ini pun masih curiga. Ini kan belum pasti pemeriksaaan, karena pemeriksaan harus samplenya dikirim ke Jakarta untuk diperiksa,” kata Mavkren. 

Untuk mebuktikan pasien terinfeksi virus corona atau tidak, Pihak rumah sakit akan berupaya keras dengan melibatkan dokter-dokter ahli.

Mavkren juga meminta pihak Bandara Deo Sorong menyediakan alat scanner atau pemindai khusus serta memeriksa ketat warga asing yang masuk ke Papua Barat, agar pasien yang terinfeksi virus korona tidak lolos. (Ald/CI)

Posting Komentar untuk "WNA Asal Tiongkok Diduga Terinfeksi Corona, Diisolasi di RSUD Kota Sorong"