Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi Ikuti Rapat Virtual KTT Luar Biasa G20 Bahas Penanganan Corona


Jakarta - Visi MuslimPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor. Topik yang dibahas dalam KTT tersebut terkait dengan penanganan virus Corona (COVID-19).
Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan Biro Pers Setpres, Kamis (26/3/2020), KTT Luar Biasa G20 ini diinisiasi oleh Arab Saudi selaku ketua tahun ini. Acara tersebut diikuti 20 negara anggota G20, 7 negara undangan, 9 organisasi internasional, dan 2 organisasi regional.
Acara dimulai pada pukul 15.00 waktu Arab Saudi atau pukul 19.00 WIB. Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, memberikan sambutan dalam acara tersebut.
Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan berdiskusi dengan para pemimpin negara anggota G20 dan organisasi internasional, seperti PBB, WHO, IMF, dan Bank Dunia. Pembahasan tidak hanya soal penanganan krisis akibat Corona, tapi juga soal dampak ekonomi dan sosial.
"Dengan tujuan untuk membahas tidak saja penanganan krisis pandemik, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain," demikian keterangan yang disampaikan Kementerian Luar Negeri.
Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara ini antara lain Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Perdana Menteri India Narendra Modi.
Hadir pula PM Italia Giuseppe Conte, PM Jepang Shinzō Abe, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden Rusia Vladimir Putin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, PM Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Presiden Uni Eropa Charles Michel.
Sementara itu, Jokowi dalam KTT G20 ini didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. [] dtk

Posting Komentar untuk "Jokowi Ikuti Rapat Virtual KTT Luar Biasa G20 Bahas Penanganan Corona"

close