Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIN Gelar Rapid Test Massal di Surabaya, 230 Orang Reaktif Corona

Photo: AntaraNews

Surabaya, VisiMuslim- Badan Intelejen Negara (BIN) menggelar rapid test massal Covid-19 di Gedung Siola, Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur. Warga yang mengikuti rapid test massal berjumlah 615 orang.

"Hari ini total warga yang sudah mengikuti rapid test itu 615 orang," kata Dr Wulan, salah satu dokter dari BIN yang bertugas di rapid test massal di Gedung Siola, Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 29 Mei 2020.

Dr Wulan mengungkapkan jumlah 615 warga yang mengikuti rapid test itu merupakan akumulasi sejak dibukanya rapid test massal pukul 07.00 - 18.00 Wib. Adapun hasil rapid test 615 orang tersebut menyatakan 230 orang reaktif.

"Yang reaktif (Positif) nya 230. Itu nanti sedang di swab test atau PCR test pakai mobile lab," ucapnya.

Rapid test massal ini sebagaimana arahan dari Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan yang diwakili oleh Sesma BIN Komjen Pol Bambang Sunarwibowo. Bambang sempat meninjau lokasi rapid test massal bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Rencananya rapid test massal ini akan digelar di sejumlah titik di Surabaya.

Kegiatan rapid test massal ini didukung tenaga medis, analis laboratorium dan tenaga pedukung sebanyak 40 orang yang diberangkatkan Rabu malam, 27 Mei langsung dari Jakarta dan dibantu 20 anggota Binda Jatim.

Satgas lawan COVID-19 BIN membawa langsung Mobil Laboratorium COVID-19, ambulance dan peralatan pendukung lainnya untuk dioperasikan selama 4 (empat) hari di kota Surabaya dan sekitarnya. Mobil Laboratorium ini, merupakan 1 (satu) dari 5 (lima) mobil laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Dalam rapid test ini, BIN menyiapkan 3.000 alat rapid test beserta 1 mobil lab untuk test PCR atau swab test di satu lokasi rapid test. Swab test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif (positif) Covid-19. Mobile Lab dari BIN ini dapat mengambil 300 sampel per harinya. Adapun hasil swab test bisa diketahui hanya dalam 2,5 jam.

Selain menggelar rapid test, BIN hari ini juga menyalurkan bantuan ribuan alat-alat kesehatan untuk pemerintah kota Surabaya. Bantuan itu diberikan untuk mempercepat penanganan kasus Covid-19 di ibukota Jawa Timur ini. [] Sumber: VIVAnews

Posting Komentar untuk "BIN Gelar Rapid Test Massal di Surabaya, 230 Orang Reaktif Corona"