Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fraksi Demokrat Desak Pemerintah Fokus Penyelamatan Nyawa Rakyat


Jakarta, Visi Muslim- Pemerintah diminta untuk mengedepankan keselamatan masyarakat dalam menghadapi pandemik Covid-19 di tanah air.

Salah satu upayanya adalah dengan terus melakukan perbaikan terkait kesemrawutan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Langsung Tunai BLT (BLT), hingga jaring pengaman sosial (Social Safety Net).

Demikian disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, dalam keterangannya, Selasa (5/5).

"Fraksi Partai Demokrat menyarankan pemerintah fokus kepada penyempurnaan mekanisme dan administrasi data bantuan sosial (Bansos), BLT, PKH, dan skema jaring pengaman sosial lainnya agar tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tindih," tegas Ibas.

Putra kedua Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ini juga meminta pemerintah pusat dan daerah harus menunjukkan soliditas dalam melakukan koordinasi, terutama terkait realokasi anggaran. Hal ini harus dipastikan agar semua bantuan tepat guna dan sasaran.

"Realokasi anggaran baik pusat maupun daerah, harus benar-benar tepat. Pemerintah benar-benar memiliki disiplin dan fokus yang tinggi dalam penggunaan anggaran, atau uang rakyat. Agar kita bisa capai tujuan jangka pendek, tanpa mengabaikan tujuan jangka menengah dan jangka panjang," kata Ibas.

Selain itu, fraksi Demokrat juga mendesak pemerintah untuk menunda proyek-proyek infrastruktur yang memiliki anggaran fantastis di tengah kondisi rakyat yang membutuhkan pertolongan menghadapi Covid-19.

"Tunda, bahkan jika perlu, pembatalan proyek-proyek pembangunan beranggaran besar. Termasuk proyek infrastruktur yang bukan prioritas," imbuhnya.

"Sekarang selamatkan lebih dahulu nyawa manusia. Nanti kita lanjutkan lagi pembangunan yang serbabenda," demikian Ibas. [] Rmol

Posting Komentar untuk "Fraksi Demokrat Desak Pemerintah Fokus Penyelamatan Nyawa Rakyat"