Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paguyuban Orang Tua Murid: Pembelajaran Daring Saat Pandemik Merepotkan


Jakarta, Visi Muslim- Proses pembelajaran daring yang telah dilakukan sekolah sejak merebaknya virus Covid-19 beberapa bulan lalu diminta segera dievaluasi.

Menurut Paguyuban Orang Tua Murid Taman Kanak-Kanak (POM-TK) se-Bandung Raya mengatakan, pembelajaran daring justru membuat para orangtua makin repot di tengah berbagai kesulitan yang diakibatkan oleh Covid-19.

“Sejak diberlakukannya pembelajaran daring, biaya pendidikan untuk anak tidak lebih efisien. Sebab, selain besaran uang sekolah (SPP) tetap, orang tua harus menanggung biaya kuota internet serta pembelian peralatan prakarya yang normalnya disediakan sekolah,” kata pegiat POM-TK, Rahmi ST dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (27/5).

Selain itu, kurikulum yang diterapkan juga tak disesuaikan dengan kondisi pandemik Covid-19. Guru-guru, kata Rahmi, biasanya mengirimkan instruksi melalui aplikasi WhatsApp terkait materi yang harus dipelajari murid berikut tugas-tugas harian yang harus mereka setor ke guru. Dalam masa normal, materi dan tugas tersebut biasanya diselesaikan di dalam kelas.  

“Di tengah pandemik, sekolah masih mengejar pelaksanaan kurikulum. Keterbatasan berkreativitas yang dimiliki guru akhirnya menempatkan murid sebagai obyek penyetor tugas harian. Orang tua pun terbebani dengan tugas baru sebagai pengganti guru agar anaknya terus menyetorkan tugas,” lanjutnya.

Agar situasi ini tidak berlarut, ia mendesak Kemendikbud merumuskan kurikulum darurat yang lebih pas diterapkan pada saat pandemik. Guru-guru juga perlu dilatih dengan berbagai metode pembelajaran yang kreatif agar proses belajar mengajar jarak jauh tidak terlalu membebani murid dan orang tua.

“Ada beberapa contoh dari pengalaman negara lain yang bisa diterapkan. Di Jerman misalnya, sekolah memberikan daftar bacaan kepada murid. Kemendikbud dapat bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku untuk anak-anak. Aktivitas membaca dan menceritakan bacaan jauh lebih tepat untuk masa sekarang, ketimbang berbagai tugas prakarya,” tandasnya. [] Rmol

Posting Komentar untuk "Paguyuban Orang Tua Murid: Pembelajaran Daring Saat Pandemik Merepotkan"

close