Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Din Syamsuddin: Pendidikan Saat Covid-19 Harus Tetap Beragenda Membangun Karakter Seperti Disuarakan Bung Karno


Jakarta, Visi Muslim- Pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat menjalankan agenda nation and character building yang disuarakan oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN -PIM), Prof Din Syamsuddin dalam acara sarasehan kebangsaan yang ke-22 dengan judul 'Bagaimana Pendidikan Nasional Pasca Covid-19' melalui diskusi online pada Kamis (18/6).

Din Syamsuddin mengatakan, penanggulangan Covid-19 dan penyiapan bangsa memasuki masa pasca Covid atau new normal diharapkan tidak mengancam potensi dan membuat generasi bangsa kehilangan arah.

"Salah satu indikasi dari kehilangan arah itu boleh jadi terjadi kalau kita tidak memberi perhatian kepada manusia, kepada pendidikan manusia dan penyiapan sumber daya manusia," ucap Din Syamsuddin, Kamis (18/6).

Ke depan, Din berharap pemerintah dan masyarakat melakukan refocusing atau mereorientasikan langkah-langkah untuk tidak meninggalkan watak kemanusiaan.

"Ini masih ada waktu dan untuk itu, pendidikan nasional kita diharapkan tetap mengacu kepada tujuan dasar yang telah disepakati oleh rakyat Indonesia lewat wakil-wakilnya di DPR sebagaimana tertuang di dalam UU tentang sistem pendidikan nasional," kata Din.

"Kalau ini diperhatikan, maka bukan langkah-langkah taktis atau teknis yang dirancang sekarang ini, tapi betul-betul menekankan pendidikan watak. Karena memang Indonesia tetap harus menjalankan agenda nation and character building yang disuarakan oleh Bung Karno dan tetap sebagaimana tujuan pendidikan mementingkan iman, taqwa, dan akhlak mulia," sambung Din.

Penyesuaian diri pun harus dilakukan terutama untuk mengisi pendidikan pada masa Covid-19 maupun pasca Covid-19 nantinya. Pendidikan, kata Din, harus mengacu pada pendidikan watak, value education, dan pendidikan nilai.

"Tidak sekedar pengaturan bagaimana KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) bisa berlangsung secara lancar, tetapi juga tetap mengacu kepada tujuan tadi itu," tandasnya. [] Rmol

Posting Komentar untuk "Din Syamsuddin: Pendidikan Saat Covid-19 Harus Tetap Beragenda Membangun Karakter Seperti Disuarakan Bung Karno"

close