Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turki: Hagia Sophia Menapaki Sejarah Baru


Ankara, Visi Muslim- Dibukanya kembali Masjid Hagia Sophia untuk beribadah untuk pertama kalinya sejak 86 tahun telah membuka halaman baru dalam sejarah, kata menteri luar negeri Turki, Jumat, (24/7/2020).

“Alhamdulillah, masjid agung Hagia Sophia dibuka,” kata Mevlut Cavusoglu di Twitter. "Pada saat yang sama dalam sejarah kemerdekaan Turki."

Rumah ibadah dan tujuan wisata

Selain berfungsi sebagai masjid, Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki untuk pengunjung domestik dan asing.

Pada tahun 1985, selama menjadi museum, museum ini ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Bangunan ini sebelumnya berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun hingga penaklukan Istanbul oleh Sultan Mehmed II, dan akhirnya dibeli oleh Sultan dan dijadikan masjid dari tahun 1453 hingga 1934 - hampir 500 tahun - dan akhirnya ketika Turki Ustmani runtuh, Pemimpin Turki sekuler, Kamal Attaturk merubahnya sebagai museum.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan para pemimpin Turki lainnya telah lama ingin merubah kembali bangunan tersebut menjadi masjid, dan terbuka untuk beribadah.

Pengadilan Turki membatalkan keputusan Kabinet 1934, dan pada 19 Juli Pemerintah Turki mengubah kembali status Hagia Sophia sebagai masjid.

Direktorat Urusan Agama Turki akan mengawasi layanan keagamaan di masjid, sementara itu Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengawasi pekerjaan restorasi dan konservasi.

Masjid ini juga masih terbuka untuk wisatawan domestik dan asing secara gratis. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Turki: Hagia Sophia Menapaki Sejarah Baru"