Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PM India akan Resmikan Pembangunan Kuil Hindu di Bekas Lokasi Masjid yang Dihancurkan


New Delhi, Visi Muslim- Perdana Menteri India Narendra Modi akan meresmikan sebuah plakat pada hari Rabu untuk memulai pembangunan sebuah kuil Hindu di kota utara Ayodhya. Lokasi itu merupakan tempat sebuah masjid dihancurkan hampir tiga dekade lalu yang telah memicu kerusuhan besar di India.

Peresmian dimulainya pembangunan kuil ini memenuhi janji lama oleh Modi dan partai nasionalis Hindu-nya dan menandai ulang tahun pertama komitmen lain yang diberikan oleh pemerintahnya, akhir dari hak istimewa khusus untuk satu-satunya negara bagian di India yang berpenduduk mayoritas Muslim, Jammu dan Kashmir. Demikian seperti dilansir Reuters.

Pembangunan kuil ini mengikuti putusan Mahkamah Agung akhir tahun lalu yang menyerahkan situs tersebut kepada mayoritas Hindu India sebagai imbalan atas plot yang diberikan kepada komunitas Muslim untuk sebuah masjid, yang mengakhiri bertahun-tahun proses pengadilan.

Meskipun dua Muslim terkemuka yang mengalami kerusuhan mengatakan dalam isyarat rekonsiliasi bahwa mereka akan menghadiri upacara tersebut, sebuah badan non-pemerintah Muslim yang berpengaruh mengatakan Masjid Babri dulu dan akan selalu ada satu.

"Perampasan tanah oleh penilaian yang tidak adil, menindas, memalukan dan menenangkan mayoritas tidak dapat mengubah statusnya," kata Dewan Hukum Pribadi Muslim Seluruh India di Twitter. "Tidak perlu patah hati. Situasi tidak bertahan selamanya."

Banyak orang Hindu percaya bahwa raja para Dewa Rama lahir di tempat yang tepat di mana masjid dibangun pada abad ke-16 oleh penguasa Muslim Mughal. Pada 1992, masjid itu dihancurkan oleh kelompok militan Hindu, yang memicu kerusuhan yang menewaskan sekitar 2.000 orang, kebanyakan muslim.

Bunga-bunga kuning menghiasi area yang baru saja dicuci di sekitar sebuah kuil di tepi Sungai Sarayu di mana Modi akan berdoa sebelum menuju ke lokasi konstruksi pada siang hari pada kunjungan pertamanya sejak menjadi perdana menteri pada tahun 2014.

Sejumlah pejabat keamanan menjaga Ayodhya, ramai oleh ribuan orang. Nyanyian doa bergema di seluruh kota, yang terletak sekitar 687 km (427 mil) tenggara ibukota New Delhi, ketika para bhakta dan biksu memadati banyak kuil kuno dalam perayaan.

Penyelenggara acara mengumpulkan tanah dari lebih dari 2.000 tempat suci dan air dari lebih dari 100 sungai untuk digunakan dalam doa pada awal pekerjaan pembangunan, sementara seorang penyembah Ram dari negara bagian Tamil Nadu selatan telah menyumbangkan dua batu bata dari logam mulia. [] Sumber: Merdeka.com

Posting Komentar untuk "PM India akan Resmikan Pembangunan Kuil Hindu di Bekas Lokasi Masjid yang Dihancurkan"

close