Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Praktisi Sejarah: JKDN Sudah Memenuhi 4 Tahapan Karya Sejarah

 



Malang, Visi Muslim- (12/10) - Praktisi sejarah Slamet Riadi menilai bahwa pembuatan film dokumenter "Jejak Khilafah di Nusantara" (JKDN) sudah berdasarkan 4 syarat tahapan pembuatan karya sejarah yang harus dilalui, yaitu (1) heuristik, (2) verifikasi, (3) interpretasi, dan (4) historiografi.

“Saya melihat penulis film tersebut punya latar belakang keilmuan yang dibutuhkan, karena terpenuhinya 4 syarat dan tahapan penulisan karya sejarah yang harus dilalui,” terangnya dalam kesempatan pemaparan materi Kajian Spesial Hidup Berkah Channel yang berkolaborasi dengan Baitul Ilmi TV secara daring pada Ahad pagi (11/10), yang mengangkat topik "Resensi dan Nobar Film JKDN".

Adapun terkait pro-kontra yang timbul, menurutnya hal tersebut sudah biasa dalam karya ilmiah, karena boleh jadi perspektif yang diambil berbeda dalam interpretasi atau penafsirannya, atau dalam perspektif historiografinya. 

“Jika seseorang menilai buruk, mungkin sesuai dengan latar belakang ideologi yang dipahaminya. Namun sebuah fakta akan tetap menjadi fakta yang objektif, tergantung bagaimana memahaminya,” pungkasnya.[]

#JejakKhilafahDiNusantara #JKDN #ResensiFilm #Nobar #Sejarah #Sejarawan

Posting Komentar untuk "Praktisi Sejarah: JKDN Sudah Memenuhi 4 Tahapan Karya Sejarah"

close