Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NU Bela HR5: Jangan Terapkan Pasal Karet ke HR5

 


Surabaya, Visi Muslim- Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur, Abdussalam Shohib, meminta Kepolisian agar proporsional dan objektif dalam menangani kasus yang menjerat Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka.

Pada Sabtu, 12 Desember 2020, HRS menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Markas Kepolisian Daerah Metro Jaya.

"Jangan sampai masyarakat menilai kepolisian berlebihan, tebang pilih, seolah ada kriminalisasi, karena ini akan berdampak buruk bagi kehidupan kebangsaan kita ke depan," kata Gus Salam, sapaan akrab Abdussalam Shohib, Sabtu, 12 Desember 2020.

Gus Salam juga meminta kepolisian tidak menerapkan pasal karet terhadap Habib Rizieq. Pendekatan humanis juga diharapkan dilakukan oleh kepolisian setelah insiden berdarah di tol.

"Kita tahu Habib Rizieq sudah minta maaf, HRS juga beritikad baik menyetop semua kegiatan yang menimbulkan kerumunan, dan hari ini hadir ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan," ujarnya.

Pengasuh Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang, itu mengapresiasi sikap Habib Rizieq yang akhirnya memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai tersangka. "Ini harus kita apresiasi bersama karena menunjukkan beliau taat hukum."

Secara pribadi dan keorganisasian, Gus Salam mengaku NU memang kerap berbeda secara pemikiran dan gerakan dengan Habib Rizieq dan Front Pembela Islam (FPI). Kendati begitu, Gus Salam tetap menolak jika penindakan yang dilakukan Kepolisian menjadi berlebihan.

"Saya berharap energi kepolisian tidak habis hanya mengurusi masalah HRS dan mengabaikan persoalan-persoalan hukum di daerah, seperti aksi cukong-cukong lokal yang merugikan rakyat," ujarnya. [] WartaEkonomi


Posting Komentar untuk "NU Bela HR5: Jangan Terapkan Pasal Karet ke HR5"

close