Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Tanzania, John Magufuli Temui Delegasi China Bahas Kerjasama Bilateral



Chato, Visi Muslim- Presiden Tanzania, John Magufuli bertemu dengan tamu dari Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi, Jumat, (8/1/2021).

Magufuli juga meminta Wang untuk menyampaikan salam tulus dan harapan terbaiknya kepada Presiden China Xi Jinping.

Magufuli mengatakan para pemimpin generasi tua dari Tanzania dan China bertemu dengan ketulusan dan bersama-sama menjalin persahabatan yang erat antara kedua negara.

Rakyat China selalu menjadi sahabat dan saudara baik bagi rakyat Tanzania, kata Magufuli, ia menambahkan bahwa Tanzania sangat berterima kasih atas bantuan besar yang diberikan oleh rakyat China dalam perjuangannya untuk pembebasan dan pembangunan nasional.

Tanzania juga bersedia untuk terus melanjutkan persahabatan antara Tanzania dan China, dan akan berdiri teguh dengan China dalam semua masalah yang melibatkan kepentingan utama China dan masalah utama, kata Magufuli.

Memperhatikan bahwa China telah membuat pencapaian luar biasa dalam pembangunan ekonomi dan kerjasama ekonomi dan perdagangan bilateral saling menguntungkan dan saling menguntungkan, Magufuli mengatakan Tanzania siap untuk memperdalam kerja sama dengan China, memperluas ekspor ke China dan menarik lebih banyak investasi China.

Tanzania siap menjadi pintu gerbang bagi perusahaan China untuk menjelajahi pasar Afrika timur dan selatan serta bergandengan tangan dengan China untuk mengantarkan era baru pembangunan bersama antara kedua negara, katanya.

Sementara itu, Wang Yi mengatakan China dan Tanzania memiliki persahabatan yang mendalam dan telah lama, yang merupakan harta berharga antara kedua negara dan harus saling menyayangi ke depannya.

Wang mengatakan Tanzania adalah negara Afrika pertama yang dikunjungi Presiden Xi Jinping setelah dia menjabat sebagai presiden China pada 2013. Selama kunjungan itu, Xi mengusulkan prinsip ketulusan, kedekatan, dan itikad baik bagi China untuk menangani hubungannya dengan Afrika.

China siap melakukan upaya bersama dengan Tanzania untuk menerapkan konsensus penting yang dicapai oleh kedua kepala negara, dan mendorong kemitraan kerja sama komprehensif antara China dan Tanzania, kata Wang.

China menghargai dukungan Tanzania yang konsisten dan tegas pada masalah-masalah yang menyangkut kepentingan inti China. China juga akan dengan tegas mendukung pemerintah Tanzania dalam upaya pemerintahannya dan penentangannya terhadap campur tangan asing, kata Wang, seraya ia menambahkan bahwa kerja sama China-Tanzania adalah kerja sama saling membantu antar saudara.

China pernah menjadi rekan seperjuangan dalam perjuangan Tanzania untuk kemerdekaan nasional dan sekarang menjadi mitra dalam pembangunan dan revitalisasi Tanzania, kata Wang.

"Kami mendukung lebih banyak perusahaan China untuk berinvestasi di Tanzania, memperluas kerjasama di bidang infrastruktur, sumber daya dan energi, pertanian, peternakan, manufaktur, perawatan medis dan kesehatan serta sektor lainnya," kata Wang.

Wang juga meminta perusahaan China yang ada di Tanzania untuk menangani masalah yang dihadapi dalam kerjasama antara kedua negara, dan membantu Tanzania mencapai tujuan pembangunan independennya untuk kepentingan rakyat Tanzania.

Pada hari yang sama, Wang juga melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Tanzania Palamagamba Kabudi dan bertemu dengan pers. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Presiden Tanzania, John Magufuli Temui Delegasi China Bahas Kerjasama Bilateral"