Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramadhan Tamu Istimewa Untuk Orang Istimewa





Oleh : M Azzam Al Fatih (Penulis dan Aktivis Dakwah)


Manusia adalah makhluk  yang istimewa dibanding dengan lainya.  Ia diberikan keistimewaan akal yang tidak dipunyai makhluk lainya termasuk binatang. Dengannya bisa membedakan baik dan buruk, senang dan duka, nikmat dan azab. Dan dengan keistimewaannya pula manusia diberi jabatan Kholifah di muka bumi.

Alangkah indahnya jika keistimewaan tersebut menjadi wasilah untuk dekat dengan sang pemberinya, Allah SWT. 

Mencintai dan menjadikan kekasih hati yang tidak ada duanya.  Sebab cintaNYA membawa kebahagiaan hakiki.

Kebahagiaan hakiki adalah yang dapat mengantarkan kebahagiaan dunia hingga akhirat.  Karena Allah SWT tidak menginginkan setiap makhluknya hidup dalam kesusahan dan kesengsaraan selama - lamanya. 

Kini, manusia terutama umat Islam telah menanti detik - detik  datangnya keistimewaan yang dinanti selama hampir satu tahun. Ramadhan. ya, keistimewaan yang luar biasa. Sebab di dalamnya,  Allah SWT obral bonus bagi manusia. Di antaranya pahala berlipat, dosa terampuni,  dan di dalamnya pula terdapat keistimewaan hari dimana yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ 

"Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan." (QS. Al-Qadr 97: Ayat 3)

Dan keistimewaan terbesar dalam bulan Ramadhan adalah diturunkannya Al Qur'an. 

Maka manusia yang paling bersyukur adalah yang menggunakan keistimewaan tersebut sebagai wasilah mencintai Allah SWT. Memanfaatkan bulan Ramadhan yang didalamnya penuh keistimewaan dengan memanfaatkan sebaik mungkin, jangan sampai bulan istimewa tersebut berlalu begitu saja.

Tamu  istimewa yakni bulan suci Ramadhan segera datang. Bagi seorang beriman tentu Kerinduannya semakin membuncah. Menyambutnya dengan sebaik mungkin dan terus ketuk pintu langit dengan doa  (اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان) ya Allah berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan, begitulah doa kami setiap hari.

Ketahuilah, telah banyak saudara - saudara kita yang sudah dipanggil oleh Allah. Bahkan orang terdekat kita, istri, suami, anak, ayah, atau ibu. Maka memanjatkan doa agar bisa bertemu tamu istimewa adalah keharusan.  Agar kerinduan untuk bertemu tamu istimewa terobati. 

Penantian 11 bulan bukanlah waktu pendek.  Selama tersebut tentu banyak emosi, kesedihan, maupun kebahagian yang berimbas terhadap  perbuatan yang menjadikan diri lupa terhadap pemberi keistimewaan yakni Allah SWT.  Yang akhirnya tak pantas untuk bertemu dengan kekasih hakiki.

Maka, di hari menjelang kehadiran bulan Ramadhan, mari kita bergembira agar bersemangat untuk menjamu tamu tersebut.  Rosulullah Saw bersabda " Barangsiapa yang bergembira akan hadirnya  bulan Ramadhan maka jasadnya tidak akan tersentuh sedikit pun oleh  api neraka. ( HR  An Nasa'i )

Bergembiralah dan  panjatkan doa dengan penuh keikhlasan. Agar kita termasuk orang yang beruntung, yakni orang yang mendapatkan tamu istimewa yang membawa berbagai macam oleh - oleh, dosa terampuni, pahala dilipatkan, dan dikembalikan kita dalam keadaan suci. Selamat bagi orang -orang yang beriman, yang selalu mendapatkan tamu istimewa.

Wallahua'lam bishowwab.

Posting Komentar untuk "Ramadhan Tamu Istimewa Untuk Orang Istimewa"