Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Covid-19 Didominasi Varian Delta, Luhut: Musuh Yang Kita Hadapi Beda



Jakarta, Visi Muslim- Lonjakan kasus positif Covid-19 yang sangat tajam saat ini disebabkan karena adanya varian baru Delta yang menyebar di Pulau Jawa.

Begitu disampaikan Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakan (PPKM) Darurat, Luhut Binsar Panjaitan, kepada media secara daring saat membahas update perkembangan PPKM Darurat, Kamis (15/7).

Luhut mengatakan, Indonesia mengalami peningkatan kasus yang cukup tajam selama PPKM Darurat. Yakni sebesar 44,51 persen atau 54 ribu kasus dalam satu hari.

“Ini menjadi angka yang tertinggi, bisa saja ini masih naik tapi kita berharap. Karena masalah inkubasinya varian Delta ini adalah 14-21 hari, itu yang kita lihat. Tentu kita harus cermat melihat ini semua,” terang Luhut.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi ini melihat kondisi tahun lalu di mana pemerintah menerapkan PSBB 1, PSBB 2, PPKM Kab/Kota, dan PPKM Mikro, di mana terjadi peningkatan kasus namun bisa dikendalikan.

Untuk tahun ini, saat penerapan PPKM Darurat, varian Delta telah masuk ke Indonesia.

"Peningkatan kasus Covid-19 didominasi oleh varian Delta, jadi hampir semua di Jawa ini, kalau kita lihat semua, itu dikontrol oleh Delta. Di mana varian Delta ini menurut yang saya baca itu hampir lebih atau 6 kali lebih cepat dari varian Alpha atau di PSBB 1 dan 2,” bebernya.

Ditambahkan Luhut, kondisi tahun lalu dan tahun ini tidak bisa dibandingkan, lantaran menghadapi musuh yang berbeda. Luhut pun mengakui varian Delta ini tidak mudah untuk dikendalikan.

"Jadi kita menghadapi musuh yang beda. Musuh yang beda ini tentu kita dengan resources yang ada kita hadapi, tapi tidak mudah," tandas Luhut. [] rmol.id

Posting Komentar untuk "Kasus Covid-19 Didominasi Varian Delta, Luhut: Musuh Yang Kita Hadapi Beda"