Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ashraf Ghani Bantah Dirinya Meninggalkan Afghanistan dengan Membawa Sejumlah Besar Uang, Tapi untuk Menghindari Pertumpahan Darah



Abu Dhabi, Visi Muslim- Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, berbicara dari pengasingannya di Uni Emirat Arab, ia mengatakan pada hari Rabu, (18/8/2021) bahwa dia meninggalkan Kabul untuk mencegah pertumpahan darah dan membantah laporan bahwa dia membawa sejumlah besar uang saat meninggalkan istana kepresidenan.



Ghani telah dikritik keras oleh mantan menterinya karena meninggalkan negara itu secara mendadak ketika pasukan Taliban memasuki Kabul pada hari Minggu.

“Jika saya tetap tinggal, saya akan menyaksikan pertumpahan darah di Kabul,” kata Ghani dalam sebuah video yang disiarkan di Facebook, komentar publik pertamanya sejak dikonfirmasi bahwa dia berada di UEA.

Dia pergi atas saran pejabat pemerintah, tambahnya.

“Saya mendukung inisiatif pemerintah untuk negosiasi yang sedang berlangsung dengan Abdullah Abdullah dan mantan presiden Hamid Karzai. Saya ingin keberhasilan akan proses ini, ”katanya dalam pesan video penampilan pertamanya sejak meninggalkan negara itu ke Uni Emirat Arab pada hari Minggu.

Sebelumnya, pada Rabu, Kementerian Luar Negeri negara teluk itu mengkonfirmasi bahwa Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berada di Uni Emirat Arab (UEA).

“Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional UEA mengkonfirmasi bahwa UEA telah menyambut Presiden Ashraf Ghani dan keluarganya ke negara itu dengan alasan kemanusiaan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ghani dilaporkan telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai presiden Afghanistan dan meninggalkan negara itu pada hari Minggu ketika Taliban menguasai Kabul. Dia bilang dia ingin menghindari pertumpahan darah.

Presiden terpilih pertama pada tahun 2014, Ghani mengambil alih posisi Hamid Karzai, yang memimpin Afghanistan setelah invasi pimpinan AS pada tahun 2001, dan mengawasi penyelesaian misi tempur AS, penarikan pasukan asing yang hampir selesai dari negara itu, serta proses perdamaian yang kacau dengan Taliban. [] Khusnul Khatimah 

Posting Komentar untuk "Ashraf Ghani Bantah Dirinya Meninggalkan Afghanistan dengan Membawa Sejumlah Besar Uang, Tapi untuk Menghindari Pertumpahan Darah"