Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencitraan Bisa Berakibat Tsunami Emosional?




Jakarta, Visi Muslim-PKAD--Insight # 146 Pusat Kajian Dan Analisis Data Senin (7/03/2020) menghadirkan Agus Kiswantono, S.T, M.T Analis Senior PKAD untuk mengupas tuntas masalah yang sedang hangat dibicarakan. Acara ini mengangkat tema " Rona - rona Survey Kepuasan : Rakyat Tak Percaya Rezim Ini "

Agus mengatakan bahwa, "Tahun ketiga ini tahun marketing". Menanggapi persiapan mau pemilu yang butuh marketing untuk memenangkanya.

Lembaga survey sangat berperan dalam marketing opini pemilu. Akan tetapi ada keanehan, "Berbeda surveyor mengapa hasilnya sama?", tanyanya heran.

"Kayak air mancur", katanya. Agus menggambarkan sistem informasi saat ini seperti air mancur yang tidak bisa ditutup - tutupi.

"Kalau dulu pencitraan top bottom sekarang tidak, ada aksi ada reaksi", papar Agus

"Semakin pencitraan bagus semakin ada gaya reaksi menolak yang sangat tinggi sekali", tegasnya.

"Reaksi lambat ini bisa melahirkan tsunami emosional, ketika terjadi akan berdampak sosial yang luar biasa", tegas Agus. Menggambarkan kondisi masyarakat ketika semakin banyak pencitraan yang tidak sesuai dengan realita.

"Sekarang bukan masalah kebenaran tapi masalah keberanian", penegasan Agus. Berharap agar masyarakat berani untuk mengambil sikap atas peristiwa politik yang ada.

Terakhir menurut beliau, melihat populasi netizen yang cukup banyak maka, "Kedepanya lembaga survey bisa menghadirkan netizen agar lebih objektif". 

Posting Komentar untuk "Pencitraan Bisa Berakibat Tsunami Emosional?"

close