Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konstantinopel Takluk di Tangan Pemimpin Terbaik

 


Jakarta, Visi Muslim-Dalam perjalanan napak tilas sejarah, dari Museum Panorama 1453, narator film Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) Akhmad Adiasta membacakan hadits tentang penaklukan Konstantinopel yang ditempel di dinding museum.

“Sesungguhnya Konstantinopel akan takluk di tangan kaum Muslim dan pemimpin terbaik adalah pemimpin yang menaklukkannya. Dan pasukan yang terbaik adalah pasukan yang menaklukkannya yang turut beserta dengan panglima tadi,” tuturnya dalam program Ramadhan Berkah dengan Syariah Kaffah dalam Cerita JKDN, di kanal Youtube Khilafah Channel Reborn, Rabu (13/4/2022).

Menurutnya, hadits ini adalah kabar gembira yang disampaikan oleh Rasulullah SAW terkait penaklukan Konstantinopel. “Bayangkan Rasulullah mengatakan panglima terbaik, pasukan terbaik. Artinya apa? Mereka adalah orang-orang terbaik,” ujarnya.

“Dan kalau nanti kita simak kisah dari penaklukan Konstantinopel yang dilakukan oleh Muhammad al-Fatih tentu saja itu adalah upaya yang luar biasa. Karena selain ada niat yang kuat, ada juga determinasi yang tinggi dan juga cara-cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh penakluk-penakluk Konstantinopel atau orang-orang yang mencoba menaklukkan Konstantinopel,” lanjutnya.

Akhmad menegaskan, Muhammad al- Fatih adalah penakluk ke-8 yang berhasil. “Jadi yang berhasil baru di penaklukkan yang ke-8. Setelah lima kali di masa Khilafah Umayyah. Satu kali di masa Abbasiyah dan dua kali di masa Utsmaniyah. Yang pertama ayah beliau tapi gagal, tapi disiapkan benteng namanya Anadolu Hisari. Berikutnya adalah Muhammad al-Fatih dan itu berhasil,” ungkapnya.

Menurutnya, ini luar biasa sekali. “Salah satu cara yang luar biasa. Bagaimana kapal-kapal itu dilayarkan di atas atau melintasi perbukitan Galata,” pungkasnya.[] Irianti Aminatun/MU

Posting Komentar untuk "Konstantinopel Takluk di Tangan Pemimpin Terbaik"