Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa, Bergeraklah ke Arah Perubahaan Hakiki


Ilustrasi


Oleh: Khaizuran

Kompleks, salah satu kata yang menggambarkan persoalan negeri ini, mungkin hanya orang gila saja yang menganggap negeri ini baik-baik saja. Saking peliknya, mampu menggerakan hati mahasiswa mulai dari yang kritis, study orentik, hedonis bahkan apatis.

Puncaknya adalah kenaikan harga bbm, sembako dan isu tiga periode yang memicu mahasiwa melakukan demostrasi. Akhirnya pada tanggal 11 Apri 2022 kemarin melalui aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) SI demonstrasipun dilakukan di depan gedung DPR, bahkan hampir di beberapa wilayah Indonesia mahasiswa melakukan demo sebagai bentuk keprihatinan atas kondisi Indonesia. 

Saya tidak membahas lebih jauh tentang masalah yang di demo mahasiswa, tetapi mungkin lebih menelisik ke arah perjuangan mahasiswa selama ini. 

Aksi yang dilakukan mahasiswa merupakan langkah awal yang patut di apresiasi, sebagai wujud menunjukan dirinya sebagai agent of change dan agent of control. Hanya saja jangan sampai pergerakan mahasiwa masih jatuh pada lubang yang sama.

Artinya apa yang disuarakan seperti krtikan dan tuntutan tetapi sama sekali tidak menyentuh akar masalalahnya. Mahasiswa harus mampu menyadari bahwa pesoalan negeri bukan karena pemimpin dan jajarannya yang keliru tetapi persoalan ini adalah persoalan sistemis.

Bukankah pemimpin negeri ini sudah diganti berulang kali tetapi masih saja menyisakan problema yang sama, mungkinkah ini hanya sebatas masalah personal pemimmpin? Ataukah sistem aturan yang keliru.

Bukankah setiap rezim pengganti masih mengulang SOP yang sama, mengikuti arahan asing tetapi mengabaikan nasib rakyat.

Maka sudah seharusnya mahasiswa menyadari hal ini dan bergerak mencari solusi solutif bukan solusi pragmatis yang menyisahkan kisah yang sama. Sebagai mahasiswa/mahasiswi muslim tentunya perlu menyadari bahwa Islam adalah agama sekaligus ideologi yang memiliki seperangkat aturan sebagai solusi problema kehidupan kita.

Pergerakan yang berlandaskan pada titah sang illahi Rabbi, yaitu pergeragkn yang menuntut perubahan secara sistemis seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. perubahan dari penyebahan hukum-hukum kuffur ( sekuler-kapitalis) kembali pada hukum Allah swt.

Wahai mahasiswa/mahasiswi muslim marilah kita bergadengan tangan satukan visi perjuangan kita untuk menuju pada perubahan hakiki bukan pada perubahan pragmatis semata, dan perjuangan hakiki itu kita dapatkan manakala menjadikan Islam kaffah sebagai asas perjuangan kita. Wallahu’alam. 

Posting Komentar untuk "Mahasiswa, Bergeraklah ke Arah Perubahaan Hakiki"