Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramai Hepatitis Akut Misterius, Roy Suryo: Jangan Malah Rakyat Merasa Diteror, Dibuat Bisnis



Jakarta, Visi Muslim- Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menyikapi munculnya hepatitis misterius yang belakangan ramai diberitakan.

Lewat akun Twitternya, Roy Suryo menulis, selaku lulusan magister kesehatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta, ia mendesak pemerintah untuk serius menangani hepatitis misterius tersebut.

“Selaku M.Kes (ASLI, dari UGM) Saya mendesak Pemerintah, cq Kemenkes agar SERIUS menangani “Hepatitis Misterius” yg mulai diblow-up Media2,” tulis Roy Suryo, Kamis, 5 Mei 2022.

Pakar telematika ini juga meminta pemerintah untuk menyampaikan dengan benar dan bijak terkait tindakan preventif dan kuratifnya.

Yakni, sebagaimana penjelasan varian lama Hepatitis A,B,C,D dan E.

“Sampaikan dgn BENAR & BIJAK Preventif & Kuratifnya , sbgmn Varian A,B,C,D,E,G lama,” tulis akun pribadinya @KRMTRoySuryo2.

Mantan politikus Demokrat ini menambahkan, dengan adanya informasi terkait hepatitis misterius tersebut, jangan sampai rakyat merasa diteror atau dibuat bisnis.

“Jangan malah Rakyat merasa di-TEROR / dibuat BISNIS,” tulisnya.

“Selaku M.Kes (ASLI, dari UGM) Saya mendesak Pemerintah, cq Kemenkes agar SERIUS menangani “Hepatitis Misterius” yg mulai diblow-up Media2.

Sampaikan dgn BENAR & BIJAK Preventif & Kuratifnya , sbgmn Varian A,B,C,D,E,G lama.

Jangan malah Rakyat merasa di-TEROR / dibuat BISNIS”

Diberitakan sebelumnya, munculnya hepatitis misterius yang menyebabkan tiga anak meninggal terkait dengan vaksin Covid-19.

Kabar tersebut ramai setelah terbitnya Journal Hepatology pada 21 April 2022 yang menuliskan laporan “Vaksinasi SARS-CoV-2 dapat menimbulkan Hepatitis dominan sel T CD8,”.

Terkait pemberitaan tersebut, Dokter Anak Konsultan Gastrohepatologi Hanifah Oswari menegaskan tidak ada hubungannya antara hepatitis akut atau misterius dengan vaksin Covid-19.

Ditegaskannya yang menghubungkan antara Hepatitis akut bergejala berat dan Adenovirus pada vaksin COVID-19 adalah narasi yang tidak benar.

“Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan, bahwa kejadian ini (Hepatitis akut berat) dihubungkan dengan COVID-19 adalah tidak benar. Gak ada bukti hubungan dengan vaksin COVID-19,” katanya dalam keterangan persnya, Kamis, 5 Mei 2022.

Sebelumnya, Journal Hepatology yang terbit pada 21 April 2022 menuliskan laporan “Vaksinasi SARS-CoV-2 dapat menimbulkan Hepatitis dominan sel T CD8,”. (FAJAR)

Posting Komentar untuk "Ramai Hepatitis Akut Misterius, Roy Suryo: Jangan Malah Rakyat Merasa Diteror, Dibuat Bisnis"

close