Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Korban di Gaza Terus Meningkat, Truk Es Krim Jadi Tempat Menyimpan Mayat

Petugas medis embawa jenazah warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel ke truk es krim di Jalur Gaza tengah,pada 15 Oktober 2023. (Foto : Reuters)

VisiMuslim - Para pejabat kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas terpaksa menyimpan jenazah warga Palestina yang tewas di dalam truk pendingin es krim. Mereka tewas akibat serangan udara Israel.

Langkah tersebut dilakukan karena memindahkan jenazah ke rumah sakit terlalu berisiko dan tidak ada tempat untuk pemakaman.

Israel telah melancarkan pengeboman paling sengit di Jalur Gaza untuk membalas kelompok perlawanan Palestina Hamas setelah mereka melakukan serangan paling mematikan terhadap Israel selama beberapa dekade.

“Kamar mayat rumah sakit hanya dapat menampung 10 jenazah, jadi kami telah membawa freezer es krim dari pabrik es krim untuk menyimpan sejumlah besar korban syuhada,” kata Dr. Yasser Ali dari rumah sakit Shuhada Al-Aqsa di Deir Al- Bala, dilansir dari AsiaOne (16/10/2023).

Truk freezer yang di sisinya masih menampilkan gambar iklan anak-anak tersenyum menikmati es krim, biasanya digunakan untuk melakukan pengiriman ke supermarket. Kini dialihfungsikan menjadi kamar mayat darurat bagi para korban perang dahsyat antara Hamas dan tentara Israel.

Militer Israel mengatakan, pihaknya masih mengizinkan warga Gaza untuk mengungsi ke selatan menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan sebagai pembalasan atas serangan delapan hari lalu oleh kelompok bersenjata Hamas, yang menewaskan 1.300 orang di Israel.

Pihak berwenang di Gaza mengatakan serangan udara Israel telah menewaskan lebih dari 2.450 orang, seperempat di antaranya anak-anak, dan sejauh ini hampir 10.000 orang terluka.

Rumah sakit kekurangan persediaan dan kesulitan untuk mengatasi meningkatnya jumlah korban luka.

Israel bersumpah untuk memusnahkan Hamas setelah para pejuangnya mengamuk di kota-kota Israel pada 7 Oktober, menembak pria, wanita dan anak-anak serta menyandera. Itu berarti jumlah korban tewas di Gaza akan meningkat tajam.

“Bahkan dengan freezer ini, jumlah (orang mati) melebihi kapasitas kamar mayat utama rumah sakit ini, dan kamar mayat alternatif, dan antara 20 hingga 30 jenazah juga disimpan di tenda,” kata Ali sambil membuka pintu freezer untuk menunjukkan tubuh yang diselimuti putih di dalamnya.

“Jalur Gaza sedang dalam krisis dan jika perang terus berlanjut seperti ini, kami tidak akan bisa menguburkan korban tewas. Pemakaman sudah penuh dan kami membutuhkan kuburan baru untuk menguburkan jenazah,” lanjut Ali.

Di Kota Gaza, pihak berwenang sedang mempersiapkan kuburan massal, kata kepala Kantor Media Pemerintah, Salama Marouf.

“Mengingat banyaknya syahid di kamar jenazah RS Al-Shifa, yang kerabatnya tidak datang untuk menguburkan mereka, tanda-tanda perubahan mulai terlihat pada jenazah,” ujarnya.

“Dan mengingat terus banyaknya orang yang mati syahid akibat pembantaian pendudukan, sebuah kuburan massal telah disiapkan untuk menguburkan sekitar 100 orang yang mati syahid di pemakaman darurat,” pungkasnya. [] 

Sumber : Arrahmah

Posting Komentar untuk "Korban di Gaza Terus Meningkat, Truk Es Krim Jadi Tempat Menyimpan Mayat"

close