Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menlu Turkiye dan AS Bahas Genjatan Senjata Hamas dan Israel



Istanbul- Menteri Luar Negeri (MENLU) Turkiye Hakan Fidan dan kawannya dari Amerika Serikat (AS) Antony Blinken membahas kondisi terbaru dari negosiasi gencatan senjata antara Israel dan Hamas, Rabu (21/8/2024).

Melalui via telepon Fidan dan Blinken juga membahas perkembangan terbaru di kawasan itu, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turkiye.

Pada minggu lalu AS, Mesir, dan Qatar mengumumkan terkait perundingan gencatan senjata di Doha dan mereka telah menyampaikan kepada Israel dan Hamas terkait  "proposal penghubung" untuk lebih mempersempit "kesenjangan yang tersisa dalam cara yang memungkinkan implementasi kesepakatan yang cepat."

Hamas menolak usulan tersebut, dan mengatakan usulan tersebut adalah hanya memenuhi kepentingan Netanyahu, termasuk penolakannya terhadap gencatan senjata permanen, penarikan pasukan sepenuhnya dari Gaza, dan desakannya untuk melanjutkan penjajahan di Persimpangan Netzarim (yang memisahkan utara dan selatan Jalur Gaza), perbatasan Rafah, dan Koridor Philadelphi.

Zionis Israel hingga kini terus melancarkan serangannya di Jalur Gaza.

Konflik ini telah menewaskan lebih dari 40.170  warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 92.740 cedera, menurut otoritas kesehatan setempat. [] Gsg 

Posting Komentar untuk "Menlu Turkiye dan AS Bahas Genjatan Senjata Hamas dan Israel "

close