Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadiri Pelantikan Jokowi-JK, Ini Agenda Khusus Menlu AS John Kerry

Pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR hari ini, Senin, (20/10) dihadiri sejumlah pemimpin negara sahabat.

Beberapa tamu undangan yang akan hadir antara lain Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, PM Singapura Lee Hsien Long, Sultan Brunei Darussalam Hassanah Bolkiah, PM Haiti Laurent Lamothe, Gubernur Jenderal Papua Nugini Michael Ogjio, Deputy PM Thailand Tanasak Patimapragon, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry.
Menlu AS John Kerry
Juru Bicara MPR, Agus Subagyo, mengatakan para tamu dari luar negeri datang ke pelantikan Jokowi-JK atas inisiatif sendiri, bukan karena mendapat undangan dari MPR.

Sementara itu, Menlu AS, John Kerry disebut-sebut telah memiliki agenda khusus dengan Jokowi-JK. Dia dan Jokowi akan membicarakan masalah ketegangan di Laut China Selatan, penyebaran virus ebola, dan peningkatan hubungan perdagangan kedua negara.

Meski demikian, banyak pihak berpendapat yang menjadi agenda utama John Kerry dengan Jokowi adalah mengenai ISIS, dan krisis di Timur Tengah. Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat posisi Indonesia sebagai negeri dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dan Indonesia merupakan negara utama yang mendukung Palestina merdeka, seperti yang dilansir oleh Reuters, Senin (20/10/2014).

Kerry juga meminta Indonesia berperan aktif dalam percaturan politik dunia, dan berharap Menteri Luar Negeri Indonesia nanti sanggup membawa perdamaian dunia. [okezone/kiblat/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Hadiri Pelantikan Jokowi-JK, Ini Agenda Khusus Menlu AS John Kerry"

close