Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dolar AS Kian 'Perkasa', Nyaris Tembus Rp 13.000

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melanjutkan pelemahannya. Hari ini, dolar AS kembali 'perkasa' dan sangat dekat dengan level Rp 13.000.

ilustrasi
Seperti dikutip dari Reuters, Senin (2/3/2015), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka nyaris menyentuh level Rp 13.000/US$, tepatnya di Rp 12.995/US$. Melemah dibandingkan penutupan perdagangan akhir pekan lalu yaitu Rp Rp 12.925/US$.

"Pasca menguat, laju rupiah kembali mengalami pelemahan. Pelaku pasar tampak mengantisipasi dirilisnya data-data inflasi di mana diperkirakan akan ada kenaikan," sebut Reza Priyambada, Kepala Riset Woori Korindo Securities, dalam risetnya.

Di sisi lain, lanjut Reza, variatif cenderung membaiknya rilis data-data ekonomi Jepang membuat nilai mata uang yen bergerak turun agar bisa mendongrak ekspor Negeri Matahari Terbit. Momentum ini dimanfaatkan dolar AS untuk menguat.

Kemudian, tambah Reza, Bank Indonesia (BI) sepertinya masih akan menjalankan kebijakan moneter yang cenderung ketat meski suku bunga acuan sudah diturunkan. Ini turut mengurangi potensi rupiah untuk menguat. 

"Laju rupiah berada di atas target level support Rp 12.873/US$. Belum adanya sentimen positif membuat rupiah masih dalam tekanan. Untuk itu, tetap waspadai pelemahan lanjutan," tulis Reza.(hds/hds) [www.visimuslim.com]

Detik.Com, 02/03/2015

Posting Komentar untuk "Dolar AS Kian 'Perkasa', Nyaris Tembus Rp 13.000"

close