Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelang Kedatangan Paus, Muslim Afrika Tengah Ketakutan


Ketakutan Menghantui Perkampungan muslim Yang Terkepung di Afrika Tengah Menjelang Kunjungan Paus

Tidak ada uang, tidak ada makanan, tidak ada bensin. Yang ada hanya rasa takut. Ketakutan yang besar.

Ini adalah ketakutan yang menghantui jalan-jalan berdebu di distrik PK5, lingkungan muslim di Bangui, ibukota Republik Afrika Tengah (CAR) dimana Paus Francis berencana untuk mengunjunginya pada hari Minggu dan Senin.

Dikepung dari milisi Kristen – yang dikenal sebagai pasukan “anti-Balaka” – yang didukung oleh pasukan mantan tentara, penduduk yang tinggal di perkampungan muslim yang terpojok di kota itu dan berada di tengah puing-puing yang habis terbakar dan puing-puing perang, mereka kelaparan tapi sangat merasa takut untuk berani keluar.

“Tidak ada yang bisa meninggalkan distrik PK5 dan pergi berjalan-jalan di Boganda tanpa dilempari batu, diculik atau dibunuh oleh kelompok bersenjata,” kata seorang pemuda muslim yang menyebut dirinya sebagai Aziza.

“Kami semua takut.”

Distrik PK5, wilayah dengan jalan dari tanah merah dan deretan gubuk-gubuk reot, melambangkan konflik sektarian yang merobek-robek wilayah miskin di CAR.

Paus Francis dijadwalkan untuk mengunjungi wilayah itu dari tur kunjungan Afrika, yang merupakan kunjungan pertamanya ke benua itu. (rz) [www.visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Jelang Kedatangan Paus, Muslim Afrika Tengah Ketakutan"

close