Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Aktivitas Menegakkan Khilafah (العمل لإقامةالخلافة)


إن أي عمل من الأعمال حتى يقع صحيحًا متقبلاً ﻻ بد أن تراعى فيه اﻷمور الآتية: 

Sungguh aktivitas apa pun sehingga sampai menjadi amal Sholeh haruslah memperhatikan perkara-perkara berikut;

أوﻻً: أن يكون موافقًا ﻷمر المشرع مستوفيًا للشروط واﻷركان، فلا يعبد الله إﻻ بما شرع.

Pertama: Haruslah selaras dengan yang disyari'atkan Allah dan Rasul-Nya, mencukupi syarat dan rukun dalam beramal. Sehingga tidak akan dinamakan beribadah kepada Allah jika tidak selaras dengan syari'at.

ثانياً: أن يكون العمل خالصًا لله، قال صلى الله عليه وسلم: «إنما اﻷعمال بالنيات وإنما لكل امرئ ما نوى». 
فالعمل إن كان منضبطًا بالحكم الشرعي ولكن لغير الله فهو مردود.

Kedua; amal itu harus ikhlas. Teruntuk hanya kepada Allah semata. Rasul saw bersabda: "Sesungguhnya hanyalah amal itu tergantung pada niatnya, dan nilai sebuah amal adalah niatnya".

Sehingga jika amal sudah selaras dengan tuntunan syari'at, namun tidak untuk Allah, maka akan tertolak.

ثالثاً: أن يكون العمل وفق اﻷولويات الشرعية فلا يُقدَّم مندوبٌ على فرض، ومثاله:

Ketiga; Amal harus memperhatikan kaidah aulawiyyat syari'ah. Tidak diperbolehkan mendahulukan amal sunnah atas yang wajib. Sebagai misal; 

إن تعليم القرآن الكريم من اﻷعمال الجليلة قال صلى الله عليه وسلم: «خيركم من تعلم القران وعلمه». ولكن إذا أراد أحدهم تعليم القرآن الكريم وقت نداء الجمعة يحرم هذا العمل بسبب تقديم تعليم القرآن الذي هو مندوب على فرض الجمعة لمخالفته للأولويات حسب ترتيب الشرع ،

Adalah Ta'lim Al Qur'an meripakan amal yang sangat mulia, Rasul saw bersabda: "Sebaik baik kalian adalah yang belajar Al Qur'an dan mengajarkan nya". 

Namun akan menjadi persoalan saat ta'lim Al Qur'an ini dilakukan ketika ada seruan shalat berjama'ah. Maka aktivitas tersebut diharamkan, karena ta'lim Al Qur'an adalah mandub, sementara shalat berjama'ah adalah wajib. Dan dalam hal ini yang sunnah tidak boleh lebih diutamakan atas yang wajib. 

وكذلك ترك العمل ﻹقامة الخلافة الذي هو فرض بسبب الانشغال بجمع الصدقات وتوزيعها على اﻷرامل واﻷيتام، فلا يقدم المندوب على الفرض إن تعارضا.

Demikian pula dengan meninggalkan aktivitas mendirikan Khilafah yang merupakan sebuah kewajiban tidak boleh dikalahkan aulawiyatnya dengan bersibuk-sibuk dengan hanya mengumpulkan shadaqah dan membagikannya kepada yang berhak. Persoalan demikian adalah mendahulukan yang sunnah dan melalaikan yang wajib. Ini bertentangan dengan aulawiyatnya sebuah amal. [H. Luthfi Hidayat]

بقلم: الأستاذ سعيد رضوان- أبو عماد

Posting Komentar untuk "Keutamaan Aktivitas Menegakkan Khilafah (العمل لإقامةالخلافة)"

close