Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menhan Israel: Tidak Ada Orang yang Tidak Bersalah di Jalur Gaza

Avigdor Lieberman
Avigdor Lieberman
VisiMuslim - Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan pada hari Ahad (8/4/2018) "tidak ada orang yang tidak bersalah" di Jalur Gaza yang dikelola Hamas setelah tentara Israel menembak dan menewaskan 30 warga Palestina selama 10 hari protes.

"Tidak ada orang yang tidak bersalah di Jalur Gaza," kata Lieberman kepada radio publik Israel.

"Semua orang terhubung dengan Hamas, semua orang mendapat gaji dari Hamas, dan semua aktivis yang mencoba menantang kami dan melanggar perbatasan adalah aktivis sayap militer Hamas."

Israel telah menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang memuncak mengenai penggunaan tembakan mematikan langsung setelah 10 hari protes di sepanjang perbatasan Jalur Gaza di mana pasukannya telah menewaskan 30 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Kekerasan melonjak lagi pada hari Jum'at ketika ribuan demonstran kembali ke perbatasan. Sembilan orang Palestina ditembak dan dibunuh oleh pasukan Israel dan sedikitnya 1.060 orang terluka, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Korban tewas termasuk wartawan video Palestina Yasser Murtaja. Pria berusia 30 tahun itu ditembak di bagian perut oleh seorang penembak jitu Israel saat meliput protes meskipun mengenakan jaket antipeluru berlabel "Press".

Juga di antara yang tewas adalah Hussein Mohammed Madi, 15 tahun dari Kota Gaza. Madi tewas di timur Kota Gaza oleh peluru dum-dum yang menyebar, kata kementerian itu.

Tidak ada korban  dari pihak Israel yang dilaporkan.

Israel mengklaim telah melepaskan tembakan hanya jika diperlukan untuk menghentikan kerusakan pagar perbatasan, infiltrasi dan upaya serangan.

Namun kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengkritik keras tindakan tentara Israel, dan warga Palestina mengatakan para pengunjuk rasa ditembak meski tidak menimbulkan ancaman bagi pasukan.

"Kami selalu ditargetkan oleh pasukan Israel '

Militer Israel menuduh "sekitar 10.000 warga Palestina" yang menghadiri "kerusuhan di lima lokasi di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza".

Mereka menambahkan bahwa "beberapa upaya telah dilakukan untuk merusak dan menyeberangi pagar keamanan di bawah naungan tabir asap".

Warga Palestina membakar ratusan ban dalam upaya untuk mengaburkan pandangan penembak jitu Israel berbaris di perbatasan antara Israel dan Gaza.

"Kami telah mendengar banyak peringatan tentang penggunaan ban yang terbakar, tetapi kami tidak memiliki pilihan lain untuk mengekspresikan kemarahan kami dan hak kami untuk kembali," kata demonstran Said Ayman Hamadn kepada MEE, Jum'at.

"Apa pun yang kami gunakan, kami selalu ditargetkan oleh pasukan Israel. Jadi kami menggunakan ban yang akan menyesatkan tembakan-tembakan Israel, karena kami adalah pengunjuk rasa damai. Kami membutuhkan sesuatu untuk melindungi kami dari kebrutalan Israel."

Gambar di media sosial menunjukkan pasukan keamanan Israel mengerahkan kipas angin besar dalam upaya untuk menghapus asap dan membersihkan pandangannya pada perbatasan.

Pada 30 Maret, pasukan Israel menewaskan 19 orang Palestina ketika puluhan ribu pengunjuk rasa berkumpul di perbatasan Israel.

Hari berikutnya, militer Israel mengklaim dalam tweet bahwa "Tidak ada yang dilakukan tanpa kendali; semuanya akurat dan terukur, dan kami tahu di mana setiap peluru mendarat".

Tweet itu kemudian dihapus.

Israel menuduh bahwa Hamas, gerakan perlawanan Palestina yang menjalankan Jalur Gaza dan yang telah berjuang tiga perang sejak 2008, berusaha menggunakan protes sebagai penutup untuk melakukan kekerasan.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Uni Eropa menyerukan penyelidikan independen terhadap penggunaan kekuatan Israel, yang berulang kali ditolak Israel.

Pada hari Sabtu, Uni Eropa mengajukan pertanyaan apakah pasukan Israel terlibat dalam "penggunaan kekuatan yang tidak proporsional". [vm]

Sumber : VOA Islam

Posting Komentar untuk "Menhan Israel: Tidak Ada Orang yang Tidak Bersalah di Jalur Gaza"

close