Rupiah Tembus Rp 15.100 Per Dolar AS


VisiMuslim - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah, pantauan di sejumlah spot antar sudah menyentuh angka Rp 15.000 yakni pada level Rp 15.100 per dolar AS, pada Selasa (4/9) pukul 15.13 WIB.

Angka tersebut dipantau Kantor Berita Politik RMOL lewat laman Bank BCA. Pun demikian di beberapa Bank juga memperlihatkan kurs rupiah terus merosot berkisar di angka Rp14.900 per dolar AS.

Mata uang Indonesia ini telah melemah pada perdagangan pekan ini berturut-turut, setelah ditutup turun 0,2 persen atau 30 poin ke level Rp14.710 pada perdagangan Jumat (31/8).

Nilai tukar rupiah menyentuh level terendahnya sejak krisis moneter 20 tahun lalu. [vm]

Sumber : RMOL

-----------------------------------------

Apa yang harus dilakukan agar mata uang stabil dan kuat?

Berikut jawaban pakar ekonomi Islam Dwi Condro Triono, Ph.D : Mata uang itu dapat menjadi stabil dan kuat sangat ditentukan oleh dua faktor utama, yaitu jenis mata uangnya dan penggunaan mata uangnya. Jika kita ingin memiliki mata uang yang kuat dan stabil, maka jenis mata uang yang memenuhi kedua syarat tersebut hanyalah emas dan perak. Mengapa? Sebab, mata uang ini memiliki nilai intrinsik yang kuat dan stabil, dapat diterima oleh semua pihak di seluruh dunia dan langka dalam jumlahnya di bumi ini.

Namun demikian, hanya dengan mengganti jenis mata uangnya saja masih belum cukup. Harus ditambah lagi dengan penggunaan mata uang yang benar. Penggunaan mata uang yang benar adalah dengan mengembalikan fungsi mata sebagai alat tukar saja. Mata uang tidak boleh bergeser fungsinya menjadi komoditas, sebagaimana yang saat ini terjadi. Menjadikan mata uang emas dan perak hanya sebatas sebagai alat tukar berarti hanya mengijinkan aktivitas ekonomi bergerak dan tumbuh di sektor riil saja dan melarang munculnya aktivitas ekonomi di sektor non riil atau sektor finansial. Mengapa? Sebagaimana telah dijelaskan di awal, penyebab utama terjadinya berbagai krisis ekonomi di dunia ini ternyata senantiasa bersumber dari sektor finansial. [vm]

0 Response to "Rupiah Tembus Rp 15.100 Per Dolar AS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel