Brenton Tarrant Sumbang Uang ke Gerakan Sayap Kanan Austria

Gerakan Identitarian, Pendukung Supremasi Kulit Putih
VisiMuslimKanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan, ada hubungan antara gerakan sayap kanan di negaranya dengan tersangka penembakan dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru, yang menewaskan 50 Muslim.

Tersangka adalah seorang supremasi kulit putih berusia 28 tahun bernama Brenton Tarrant kelahiran Australia. Jaksa penuntut mengungkapkan, Tarrant menyumbangkan 1.500 euro (1.700 dolar AS) kepada Gerakan Identitarian (IBOe) di Austria yang antimigran pada awal 2018.

Pada Senin (25/3), rumah juru bicara IBOe Martin Sellner di ibu kota Austria, Wina, digeledah sebagai bagian dari penyelidikan terhadap kemungkinan hubungan dengan tersangka, demikian Al Jazeera melaporkan.

“Telah dikonfirmasikan bahwa ada hubungan finansial antara pria yang melakukan serangan di Selandia Baru dan Gerakan Identitarian di Austria,” kata Kurz kepada wartawan setelah pertemuan kabinet hari Rabu (27/3).

Dia juga mengatakan, hubungan itu akan diselidiki secara menyeluruh dan dia telah berbicara dengan Menteri Dalam Negeri dan Keadilan tentang rencana membubarkan gerakan sayap kanan itu.

“Kedua kementerian akan memobilisasi semua cara mereka melawan gerakan ini,” tambahnya.

Namun, dalam video yang diterbitkan di YouTube, Sellner membantah memiliki hubungan dengan tersangka selain menerima donasi dan telah mengirim kembali email terima kasih secara rutin.

“Saya bukan anggota organisasi teroris. Saya tidak ada hubungannya dengan orang ini, selain itu saya secara pasif menerima sumbangan darinya,” kata Sellner.

Badan intelijen Austria juga mengatakan tersangka mengunjungi Austria November lalu.[vm]

Sumber : MINA Agency

Belum ada Komentar untuk "Brenton Tarrant Sumbang Uang ke Gerakan Sayap Kanan Austria"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...