Protes Kezaliman Penjajah, Warga Al-Quds Tewas dan Terluka


VisiMuslim - Seorang pemuda Palestina tewas dan sejumlah lainnya luka-luka dalam aksi protes di Kota Al-Issawiyah, Al-Quds (Yerusalem) timur, pada Kamis (27/06/2019). Para korban berjatuhan setelah pasukan pendudukan Israel berupaya membubarkan demonstran dengan gas air mata dan peluru tajam.

Bentrokan antara warga Palestina dan pasukan Israel itu terjadi di pintu masuk kota Al-Issawiyah pada Kamis malam. Saat itu, warga menggelar protes “hukuman kolektif” yang diberlakukan pemerintah penjajah terhadap warga. Warga marah atas kebijakan yang sudah diberlakukan sejak dua pekan terakhir tersebut.

Aktivis Al-Issawiyah, Mohammed Abu Al-Homs, mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa bentrokan pecah setelah aksi protes berhenti. Pasukan Israel menembakkan gas air mata dan bom kejut ke arah massa. Tentara penjajah kemudian menembakkan peluru tajam sehingga menyebabkan seorang pemuda bernama Muhammad Samir Ubaid tertembak di dada.

Abu Al-Homs melanjutkan, saya dan sekelompok pemuda berupaya mengevakuasi Ubaid. Namun polisi Israel menangkapnya meskipun dia dalam kondisi kritis. Beberapa saat kemudian, pihak berwenang Israel mengumumkan Ubaid sudah meniggal di Rumah Sakit Hadassah di Al-Quds.

Sejumlah pemuda lainnya juga mengalami luka ringan dalam bentrokan tersebut, sementara belum diketahui jumlah yang ditangkap.

Pada bigiannya, Polisi Israel mengatakan bahwa selama “operasi keamanan” yang dilakukan di kota Al-Issawiyah, seorang pemuda Palestina menembakkan amunisi ke pasukan keamanan, yang mengancam keselamatan anggota. Tentara kemudian membalas tembakan itu dan mengenainya.
Perlu dicatat, Kota Al-Issawiyah terus-menerus menjadi saksi kebrutalan pasukan penjajah. Hampir setiap hari, tentara Israel melakukan penggerebekan terhadap warga Palestina di kota tersebut, penangkapan massal, pembongkaran rumah warga dan intergasi pemuda yang dicurigai.[vm]

Sumber: Al-Jazeera

Belum ada Komentar untuk "Protes Kezaliman Penjajah, Warga Al-Quds Tewas dan Terluka"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...