WALHI Kritisi Ucapan Presiden Jokowi Soal Investasi


VisiMuslim - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) menilai pidato Visi Indonesia yang disampaikan Presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo di Sentul, Bogor pada tanggal 14 Juli 2019 lalu memperlihatkan proyeksi buruk bagi masa depan lingkungan hidup dan kemanusiaan.

Direktur Eksekutif WALHI, Nur Hidayati mengatakan, pernyataan Jokowi sebagai Presiden terpilih pada teks lengkap pidato Visi Indonesia secara umum tidak sejalan dengan komitmen politiknya yang tertuang dalam Nawacita II yakni; Meneruskan Jalan Perubahan Untuk Indonesia Maju: Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong.

Ia juga menyebut, lima tahapan Visi Indonesia ala Jokowi memperlihatkan dominasi keberpihakannya pada kepentingan bisnis atau investasi. Bukan mengabdi pada kepentingan rakyat.

“Narasi yang diucap Jokowi, khususnya pada tahapan keempat lebih tepat disebut sebagai visi mundur untuk mewujudkan keadilan sosial ekologis dan semangat melahirkan ‘negara hadir’ sebagai otoritas yang memberikan perlidungan sekaligus pelayan kesejahteraan dan keselamatan bagi rakyatnya,” ujar Nur Hidayati melalui keterangan tertulisnya.

Ia juga mengkritisi narasi mengundang investasi yang seluas-luasnya dalam rangka membuka lapangan pekerjaan. Nur menilai, ucapan tersebut justru kontradiktif dengan pernyataan Jokowi yang ingin berpihak pada kemanusiaan dan lingkungan hidup.

“Beberapa pernyataan Jokowi, kebijakan serta dokumen janji politiknya sebenarnya saling kontradiktif, antara keberpihakan pada kemanusiaan dan lingkungan hidup VS keberpihakan pada investasi.”kata Nur Hidayati.

WALHI menilai penggunakan diksi ancaman bagi siapa saja yang menghambat investasi dikhawatirkan justru meningkatkan kerentanan terhadap masyarakat yang memperjuangkan hak atas lingkungan hidup dan sumber daya alam/agraria.

“Karena selama ini, para pejuang lingkungan hidup/agraria acap kali distigma sebagai kelompok orang yang menghambat investasi dan pembangunan,” pungkasnya. [vm]

Sumber : Kiblat

Belum ada Komentar untuk "WALHI Kritisi Ucapan Presiden Jokowi Soal Investasi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...