Refleksi Kemerdekaan Bidang Ekonomi, State Based Management

Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa edisi ke-2 (18/08) mengambil tema ‘Refleksi Kemerdekaan Indonesia ke-74 : Telaah atas Kondisi Faktual Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Menuju Indonesia Berdaulat’.
VisiMuslim - Forum Doktor Muslim Peduli Bangsa edisi ke-2 (18/08) mengambil tema ‘Refleksi Kemerdekaan Indonesia ke-74 : Telaah atas Kondisi Faktual Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Menuju Indonesia Berdaulat’. Beberapa narasumber bidang ekonomi, mempertanyakan kedaulatan ekonomi Indonesia saat ini. 

Dr. Muhammad Zikra, Pakar Kemaritiman, menyatakan, “Konsep poros maritim semakin tidak jelas karena janji pemerintah untuk menggenjot kinerja perikanan tidak terwujud nyata. Performa infrastruktur maritim terus menurun. Di sisi lain, Indonesia harus melayani kepentingan ekonomi-politik pemerintah Tiongkok. 

Dr. Rudi Wahyono pakar ekonomi makro menyatakan, “Kebijakan ekonomi merupakan permodelan penjajahan modern yang sangat halus. Kebijakan ekonomi yang dilakukan saat ini semakin menambah hutang luar negeri Indonesia, dan perdagangan luar negerinya telah masuk ke dalam pusaran ekonomi liberal-kapitalis.”

Lukman Noerochim, Ph.D. pakar metalurgi menawarkan solusi untuk menuju kedaulatan ekonomi, bahwa Indonesia yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam hayati yang berlimpah (mega-biodiversity), ternyata tidak memberikan berkah yang semestinya. Oleh karena itu, paradigma pengelolaan sumber daya alam milik umum, yang berbasis swasta (corporate based management) harus diubah menjadi pengelolaan kepemilikan umum oleh negara (state based management) dengan tetap berorientasi kepada kelestarian sumber daya (suistainable resources principle).

Yusuf Wibisono, Ph.D. pakar Sumber Daya Air, “ Sebenarnya tidak perlu terjadi, komersialisasi air minum. Saat ini dijadikan bahan yang bisa menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya.” Dr. Widodo pakar pendidikan, mengkritisi kebijakan rector impor dan Dr. Basa Alim Tualeka, eksekutif OBASA, menengarai kemenangan politik nasional baru-baru ini hakikatnya sebagai kemenangan pengusaha.

Narasumber lain pada Forum Doktor tersebut adalah Prof. Suteki pakar sosiologi hukum dan filsafat Pancasila, Prof Fahmi Amhar pakar geospasial, Dr. Suparto Wijoyo pakar hukum lingkungan,. Forum yang dipandu Dr. Faqih Syarif pakar komunikasi massa, terlaksana secara padat mulai pukul 13.05 sampai menjelang maghrib 17.35 WIB, termasuk sesi dialog-interaktif. Ruang lokasi Forum Doktor Muslim di sebuah hotel Surabaya selatan yang berkapasitas 50 penuh sesak peserta para profesor dan doktor, termasuk para master muslim. Mereka hadir dari berbagai kota di antaranya Surabaya, Malang, Bangkalan, Gresik, Blitar, Jombang, Sidoarjo dan lain-lain. [vm]

Belum ada Komentar untuk "Refleksi Kemerdekaan Bidang Ekonomi, State Based Management"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...