Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekjen MUI: Pasca Haji, Umat Islam Harus Menjunjung Persatuan


VisiMuslim - Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menegaskan bahwa dalam ibadah haji ada beberapa nilai  yang sangat patut diambil dan pegang kuat oleh umat Islam. Misalnya yaitu pentingnya persatuan.

“Dalam ibadah haji ini sangat tergambar bahwa umat islam itu adalah bersaudara. Meskipun suku bangsa dan negara kita berbeda-beda tapi kita adalah satu yaitu sama-sama hamba Allah dan umat Nabi Muhammad,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (13/08/2019).

“Untuk kuatnya persatuan dan kesatuan antara kita dengan sesama maka di antara kita harus ada rasa saling peduli dan saling berempati,” sambungnya.

Selain itu, pasca ibadah haji umat Islam hendaknya dalam setiap waktu dan dalam setiap ruang dan tempat hendaklah selalu ingat dan mendekatkan diri dengan Allah. Ini artinya, kata dia, kita dituntut untuk selalu menyesuaikan sikap dan tingkah laku kita dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

“Selain itu, agar jalan dan perjalanan hidup kita selalu berada dalam ridho Allah maka ada dua tokoh yang sangat patut kita contoh dan suri tuladani. Yaitu Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS,” paparnya.

Anwar menekankan, beberapa nilai tersebut sangat penting kita jaga dan pelihara. Dan kalau hal-hal tersebut bisa kita jaga dan pelihara maka umat islam akan menjadi umat yang kuat yang tidak bisa dipermainkan oleh orang-orang yang tidak suka kepadanya.[vm]

Sumber : Kiblat

Posting Komentar untuk "Sekjen MUI: Pasca Haji, Umat Islam Harus Menjunjung Persatuan"

close