Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutup Mata Atas Kekejaman India di Kashmir, UEA Malah Anugerahi Modi Piagam Kehormatan

Prime Minister Narendra Modi was announced as the recipient of the prize in April [File: Adnan Abidi/Reuters] 
VisiMuslim - Perdana Menteri India Narendra Modi telah menerima kehormatan sipil tertinggi di Uni Emirat Arab (UEA), sebuah langkah yang memicu kemarahan di antara para aktivis hak asasi manusia atas tindakan keras pemerintahnya terhadap wilayah Kashmir yang mayoritas penduduknya Muslim.

Modi dianugerahi medali Orde Zayed oleh putra mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, selama kunjungan ke ibukota Abu Dhabi pada Sabtu (24/8/2019), demi memperkuat hubungan antara kedua negara.

MBZ secara pribadi menempatkan medali emas di leher Modi, dengan potret Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan (MBZ), presiden pertama UEA setelah siapa nama pesanan tersebut, ditampilkan di belakang mereka.

Kedua pemimpin berjabat tangan dan saling berangkulan serta berbicara pelan. “Anda pantas mendapatkannya,” MBZ memberi tahu pemimpin nasionalis Hindu tersebut pada suatu saat sambil berpose untuk foto.

Modi telah diumumkan sebagai penerima penghargaan ini pada bulan April, beberapa hari sebelum memenangkan pemilihan ulang, dalam sebuah tweet dari MBZ.

“Kami memiliki ikatan strategis historis dan komprehensif dengan India, diperkuat oleh peran penting sahabat saya, Perdana Menteri Narendra Modi, yang memberi dorongan besar pada hubungan ini,” kata sebuah tweet dari akunnya.

India, konsumen minyak mentah terbesar ketiga di dunia, adalah rumah bagi pasar konsumen dan tenaga kerja yang berkembang pesat yang diandalkan oleh negara Teluk yang kaya minyak untuk ekonominya.

Tetapi penghargaan itu datang ketika pemimpin yang datang dari partai ekstrimis Hindu sayap kanan, Bharatiya Janata (BJP), mempertahankan pembatasan keamanan yang ketat di Kashmir yang dikelola India setelah mencabut wilayah otonomi khususnya.

Melalui dekrit presiden pada 5 Agustus, India mencabut status khusus yang telah berusia puluhan tahun – yang memberikan hak kepada Kashmir untuk membuat konstitusi sendiri dan otonomi untuk membuat undang-undang – dan mengerahkan ribuan pasukan ke wilayah tersebut.

Lembah Himalaya telah berada di bawah jam malam militer yang menyapu sejak itu yang telah melihat ribuan ditangkap dan penduduk terputus dari semua komunikasi dan internet.

Meskipun keputusan Modi memengaruhi umat Islam yang tinggal di Kashmir yang dikelola oleh India, langkah tersebut tampaknya hanya ditanggapi dengan diam oleh negara-negara Teluk Arab.

Duta Besar UEA untuk India, khususnya, menyebut Kashmir sebagai masalah internal India.

“Dengan beberapa negara Teluk dalam pelukan yang semakin ketat dengan Modi, hak asasi manusia telah dibuang demi peluang ekonomi,” tulis Samah Hadid, seorang advokat hak asasi manusia yang berbasis di Beirut.

“India tidak hanya lolos dari kecaman internasional atas tindakannya, bahkan memperoleh dukungan dari sekutu Muslim,” tambahnya. “Nasib Kashmir tidak hanya akan dibungkam oleh tindakan keras India, tetapi juga sikap apatis dari mereka yang sudah lama mengaku menggemakan aspirasi kaum Muslim.”

Dalam sebuah surat terbuka kepada MBZ, anggota parlemen Inggris Naz Shah dari partai Buruh memintanya untuk mempertimbangkan kembali penganugerahan penghargaan tersebut karena “kebrutalan” yang disutradarai Modi.

“Saya meminta Anda mempertanyakan keputusan ini dan mempertimbangkan kembali untuk memberikan penghargaan seperti itu, bukan hanya karena mayoritas orang Kashmir memiliki keyakinan yang sama dengan anda, tetapi karena kami memiliki tugas sebagai manusia untuk berdiri melawan pengabaian terhadap hak asasi manusia dan jahat,” tulis Shah mengacu pada MBZ.

Modi selanjutkan akan melakukan perjalanan ke Bahrain, menjadi perdana menteri India pertama yang mengunjungi negara kepulauan tersebut. [ar]

Posting Komentar untuk "Tutup Mata Atas Kekejaman India di Kashmir, UEA Malah Anugerahi Modi Piagam Kehormatan"

close