PBB Umumkan Pembentukan Komisi Konstitusi Suriah

Foto: Sekjen PBB Antonio Guterres
VisiMuslim - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (23/09/2019) mengumumkan pembentukan Komisi Konstitusi Suriah yang terdiri dari perwakilan rezim, oposisi dan masyarakat sipil. Pembentukan komisi ini bertujuan meninjau kembali konstitusi dan menemukan solusi politik untuk mengakhiri konflik bersenjata yang sudah berjalan delapan tahun.

“Saya sangat percaya bahwa pembentukan komisi konstitusi yang dipimpin dan diorganisir oleh Suriah sendiri dapat menandai awal jalan politik menuju solusi,” kata Guterres kepada wartawan di markas besar PBB di New York.

Akan tetapi, para analis memperingatkan dan bertanya-tanya bagaimana terobosan apa pun dapat dicapai ketika Presiden Bashar al-Assad yang didukung Rusia memperketat cengkeraman kekuasaan pada setiap bulan yang berlalu.

Guterres menambahkan di sela-sela pertemuan Majelis Umum PBB ke-74 di New York bahwa utusan saya (ke Suriah selain Pederson) akan membentuk komisi konstitusi dalam beberapa pekan mendatang.

Komisi tersebut, jelasnya, terdiri dari 150 anggota, dengan rincian 50 anggota dari rezim di Damaskus, 50 dari kubu oposisi, dan 50 lainnya Utusan Khusus PBB. Tujuan pembentukan ini untuk memperhitungkan pandangan para pakar dan perwakilan masyarakat sipil.

Departemen Luar Negeri AS menyambut pengumuman Guterres ini. Dalam pernyataannya, Deplu AS engatakan, “ini adalah langkah yang menggembirakan menuju solusi politik untuk konflik Suriah. Akan tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan, menyerukan Assad untuk menerima keinginan rakyat Suriah untuk hidup dalam damai.”

Menteri Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini menyambut baik pengumuman itu dan mengatakan “memberi harapan lagi kepada Suriah.”

“Kami menantikan pertemuan pertama Komisi Konstitusi pada kesempatan paling awal, dan kami mengharapkannya untuk mewakili proses yang pada akhirnya akan mengarah pada perdamaian yang jelas-jelas dibutuhkan dan layak diterima oleh Suriah,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman ini datang setelah Guterres mengatakan pekan lalu bahwa kesepakatan telah dicapai pada “komposisi komisi”.

Sementara itu, milisi Kurdi yang mengontrol wilayah luas di Suriah timur tidak masuk dalam komisi ini. [www.visimuslim.org]

Sumber: AFP

Belum ada Komentar untuk "PBB Umumkan Pembentukan Komisi Konstitusi Suriah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...