Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Din Syamsuddin: Wajar Kalau Ada Muslim Marah atas Pernyataan Sukmawati

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) - Prof. Din Syamsuddin 
VisiMuslim - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI)  Din Syamsuddin mengatakan wajar kalau ada dari kalangan umat Islam yang marah terhadap pernyataan Sukmawati Soekarnoputri yang membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Soekarno.

“Wajar kalau ada dari umat Islam yang protes bahkan marah kepada Ibu Sukmawati karena ini merupakan kejadian yang berikutnya, saya tidak tahu dua apa tiga kali,” kata Din Syamsuddin di Jakarta, Senin (8/11/2019).

Din Syamsuddin juga menyampaikan pesan untuk Sukmawati agar tidak mengulangi lagi hal-hal yang cukup sensitif yang menyangkut agama, karena hal tersebut juga berdampak terhadap toleransi beragama.

Din menegaskan, toleransi tidak hanya antarumat beragama saja, tetapi juga penting bagi sesama umat dalam satu agama.

“Karena itu tidak ada perlunya, dan mungkin akan lebih bagus bagi beliau untuk lebih mendalami Islam,” tandasnya.

Sebagai sikap pribadi, Din Syamsuddin bersikap sama seperti kejadian terdahulu, sebaiknya memaafkan tindakan tersebut. Namun, Din juga tidak juga menyalahkan ada bagian dari umat yang menuntut Sukmawati lewat jalur hukum.

“Saya dapat memahami suasana kejiwaan dari kalangan Islam yang marah protes bahkan saya dengar akan menuntutnya lewat jalur hukum, tentu itu hak,” pungkasnya, lansir Antaranews.

Diketahui, putri presiden pertama Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya lantaran membuat pernyataan yang membandingkan ayahnya Ir Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, Sukmawati juga pernah dilaporkan atas kasus dugaan penistaan agama soal azan dan cadar. Namun, polisi akhirnya menerbitkan SP3 karena mengaku tidak menemukan unsur pidana. [www.visimuslim.org]

Sumber : Arrahmah

Posting Komentar untuk "Din Syamsuddin: Wajar Kalau Ada Muslim Marah atas Pernyataan Sukmawati"

close