Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NYT: Dokumen Bocor Cina Singkap Rincian Tindakan Keras Tiongkok di Xinjiang

People demonstrate against China during its Universal Periodic Review by the Human Rights Council in front of the United Nations Office in Geneva, Switzerland, November 6, 2018. REUTERS/Denis Balibouse
VisiMuslim - Sekelompok dokumen pemerintah Tiongkok yang bocor mengungkap detail tindakan keras Cina terhadap warga Uighur dan Muslim lainnya di wilayah Xinjiang barat negara itu di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, New York Times melaporkan, dikutip Al Jazeera, Senin (18/11/2019).

Para pakar dan aktivis PBB mengatakan sedikitnya satu juta warga Uighur dan anggota kelompok minoritas Muslim lainnya telah ditahan di kamp-kamp di Xinjiang dalam tindakan keras yang mendapat kecaman dari Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Dokumen-dokumen itu, yang menurut surat kabar pada Sabtu (16/11) dibocorkan oleh “seorang anggota partai politik Cina”, menunjukkan bagaimana Xi memberikan serangkaian pidato internal kepada para pejabat selama dan setelah kunjungan 2014 ke Xinjiang setelah serangan penikaman oleh pejuang Uighur di sebuah stasiun kereta api yang menewaskan 31 orang.

Laporan itu mengatakan Xi menyerukan “perjuangan habis-habisan melawan terorisme, infiltrasi, dan separatisme ‘menggunakan’ organ kediktatoran, ‘dan menunjukkan’ sama sekali tidak ada ampun’.”

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan bahwa ketakutan kepemimpinan Cina semakin meningkat oleh “serangan teroris” di negara-negara lain dan penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Tidak jelas bagaimana dokumen yang berjumlah 403 halaman dikumpulkan dan dipilih, kata surat kabar itu.

‘Bukan Chechnya yang lain’

Beijing membantah melakukan penganiayaan terhadap warga Uighur atau lainnya di Xinjiang, dengan mengatakan pihaknya memberikan pelatihan kejuruan untuk membantu membasmi kelompok garis keras Islam dan separatisme serta mengajarkan keterampilan baru.

Kementerian Luar Negeri Cina tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar dari Reuters pada Minggu (17/11).

Surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah mengatakan dalam sebuah editorial pada Senin (18/11) bahwa laporan itu “tidak memiliki moralitas” dan menuduh beberapa pihak Barat “ingin melihat Xinjiang dilanda kekerasan dan kekacauan ekstrem”.

Dikatakan Cina telah mengambil “langkah tegas” di wilayah itu untuk memastikan tidak menjadi “Republik Chechnya yang lain”.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan bagaimana para pejabat diberi poin pembicaraan untuk menjelaskan kepada mahasiswa yang kembali bahwa anggota keluarga mereka telah dibawa pergi untuk pelatihan, dan bagaimana program menghadapi tekanan balik dari beberapa pejabat setempat, kata laporan itu.

Mereka juga menunjukkan bahwa kamp-kamp interniran berkembang dengan cepat setelah Chen Quanguo diangkat pada Agustus 2016 sebagai bos partai di wilayah itu, kata laporan tersebut. Chen telah mengambil garis keras untuk memadamkan kegelisahan terhadap kekuasaan Partai Komunis selama jabatan sebelumnya di Tibet. [www.visimuslim.org]

Sumber : Arrahmah

Posting Komentar untuk "NYT: Dokumen Bocor Cina Singkap Rincian Tindakan Keras Tiongkok di Xinjiang"

close