Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seruan Khilafah Bergemuruh Pada Peringatan Penaklukan Konstantinopel 1453 di Kota Malang


Kota Malang- Visi Muslim-  (15/1). Hari ini 20 Jumadil Awwal 1441 H (Rabu, 15/1), tepat pada tanggal yang sama 584 tahun Hijriyah yang lalu, Konstantinopel berhasil dibebaskan oleh Sultan Muhammad Al-Fatih. Penting bagi kaum muslimin untuk memperingatinya, bahwa Islam pernah berjaya membebaskan ibukota negara adidaya di masa lalu.

Hal itu yang nampaknya melatar-belakangi Majelis Dzikir wa Taklim Qolbun Salim kota Malang menggelar Peringatan Penaklukan Konstantinopel. Sekitar 400 warga Malang dengan antusias hadir, dengan mengenakan baju putih dan di tengah cuaca sedang gerimis.

Berkesempatan memberikan taushiyah Gus Azizi Fathoni sebagai Khadim Kuttab Tahfizh al Utruzah Kota Malang. Beliau mengutip hadist yang berkaitan tentang penaklukan Konstantinopel:".... ketika Rasulullah saw ditanya kota mana yang ditaklukkan pertama kali, Kostantinopel atau Romawi?; maka Rasulullah saw menjawab, ”Kota Heraklius akan ditaklukkan pertama kali. Maksudnya adalah kota Kostantinnopel”. [HR. Imam Ahmad]

Gus Azizi menerangkan dalam hadits ini, Nabi saw memberikan kabar gembira kepada kaum Muslim dengan ditaklukkannya Konstantinopel dan Romawi. Di dalam sejarah dituturkan bahwasanya kota Konstantinopel berhasil ditaklukkan pasukan Islam yang dipimpin Sultan Muhammad Al-Fatih.
Penaklukkan kota Konstantinnopel juga disebutkan dalam sebuah hadits yang dituturkan oleh Imam Ahmad. Rasulullah saw bersabda:

”Sungguh, akan ditaklukkan Konstantinopel. Sebaik-baik amir adalah amirnya (amir yang menaklukkan Konstantinopel) dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya (pasukan yang menaklukkan kota itu)”. [HR. Imam Ahmad]

Jadi ada satu kota yang belum ditaklukkan oleh kaum Muslim, yakni kota Romawi.
*Penaklukkan kota Romawi --akan terlaksana dengan ijin Allah swt--, inilah yang mengisyaratkan tegaknya kembali Khilafah Islamiyyah yang akan melaksanakan bisyarah agung Nabi saw itu," paparnya.

"Masa depan dunia ada di tangan Islam, khilafahlah nanti yang akan memobilisasi kekuatan untuk jihad menaklukkan Roma sebagaimana dulu Muhammad Al Fatih menaklukan Konstantinopel. Jadi mari terus tanamkan keyakinan untuk istiqomah berdakwah guna menegakkan khilafah," pungkasnya
Hadir pula memberikan taushiyah yang lain beliau, al-Ustadz Ruji'an Khairi Founder Tabiin.ID.
Acara berlangsung semarak dengan berperan aktif nya para peserta dalam Digital Movement di sela-sela acara. [Aryo]

Photo Agenda:






Posting Komentar untuk "Seruan Khilafah Bergemuruh Pada Peringatan Penaklukan Konstantinopel 1453 di Kota Malang"

close